Di Brebes, Harga Cabai Setan Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Di Brebes, Harga Cabai Setan Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Empat hari menjelang pergantian tahun, harga cabai setan di Kabupaten Brebes mengalami peningkatan. Bahkan, harga cabai setan di salah satu pasar tradisional Brebes mencapai Rp90 ribu per kilogramnya (kg). 

Pantauan harga cabai setan di Pasar Induk Brebes misalnya. Salah seorang pedagang cabai di Pasar Induk Brebes, Ipah (55) mengaku dalam sepekan terakhir harga cabai setan terus mengalami peningkatan. Di mana, yang sebelumnya cabai setan hanya Rp70 ribu per kg, saat ini harganya tembus mencapai Rp90 ribu per kg. 

"Awalnya itu Rp70 ribu per kg, namun terus mengalami kenaikan jadi Rp71 ribu per kg, naik lagi jadi Rp72 ribu per kg hingga hari ini mencapai Rp90 ribu per kg," terangnya. 

Dijelaskannya, selain cabai setan, jenis cabai lainnya juga ada yang mengalami kenaikan. Seperti cabai rawit hijau, harganya tembus Rp50 ribu per kilogram. 

"Kalau jenis cabai lainnya memang minggu lalu sempat naik, namun saat ini sudah mulai turun. Seperti, cabai keriting merah sebelumnya Rp40 ribu per kilogram, namun sekarang turun Rp5 ribu atau menjadi Rp35 ribu per kilogram," ungkapnya. 

Selanjutnya, cabai merah besar sebelumnya Rp30 ribu per kilogram sekarang Rp25 ribu per kilogram. Cabai hijau besar semula Rp42 ribu sekarang menjadi Rp37 ribu per kilogram. 

Terpisah, salah seorang pedagang sayur keliling, Yanyo (35) mengaku bingung menjual kembali cabai yang dibelinya dari pasar. Hal ini lantaran harga dari pasar sudah terbilang mahal. 

"Harga di pasarnya saja sudah mahal, jadi saya bingung untuk menjualnya lagi. Harapannya, harga cabai bisa kembali normal," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: