Pentingnya Mengubah Mindset/Pola Pikir Kita

Pentingnya Mengubah Mindset/Pola Pikir Kita

Doktor Psikologi Pendidikan 
Dosen Magister Pedagogi Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal 

Pola pikir merupakan rangkaian pikiran yang secara otomatis dipikirkan oleh pikiran. Ini otomatis karena neuropathways atau pikiran diatur dalam pikiran. 

Pola pikir kita dibangun ketika kita masih anak-anak seperti dalam proses perkembangan. Proses pemikiran ini mendorong hidup kita membawa perilaku tanpa keterlibatan kita yang disengaja. 

Dengan demikian pola pikir merupakan serangkaian perilaku yang dimiliki seseorang. Pola pikir juga dapat memengaruhi kesuksesan yang diraih dalam setiap aspek kehidupan.

Kesuksesan si A tidak akan pernah sama dengan kesuksesan si B, begitu juga dengan kesuksesan si C. Ini dikarenakan setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda. 

Pola pikir yang positif dan terbuka akan selalu mendorong diri untuk belajar dan mengambil bagian dalam peluang kesuksesan. Sebaliknya, pola pikir yang negatif dan tertutup akan selalu menolak perubahan, perbaikan bahkan kesuksesan itu sendiri. 

Dengan demikian  kesuksesan seseorang ditentukan oleh sikapnya.
Ada 2 pola pikir dasar yang dimiliki manusia yaitu growth mindset dan fixed mindset. 

Pola pikir inilah yang berperan penting dalam perjalanan hidup/karier seseorang. Growth mindset adalah pola pikir yang terbuka terhadap informasi. 

Setiap orang yang memiliki pola pikir ini akan selalu bersikap positif. Mereka mengerti bahwa kecerdasan merupakan hal yang dapat terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. 

Mereka selalu merangkul tantangan dan melihatnya sebagai peluang pertumbuhan. Jika seseorang memiliki pola pikir growth mindset, orang tersebut akan selalu berusaha untuk belajar dan mengembangkan diri. 

Orang  tersebut juga akan dapat belajar dari umpan balik yang diberikan orang lain. Orang  tersebut akan melihat umpan balik tersebut sebagai kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan diri. 

Pola pikir growth mindset juga membuat seseorang selalu terinspirasi dengan kisah-kisah sukses yang dimiliki orang lain. Orang  tersebut tidak akan merasa terancam dengan kesuksesan orang lain. 

Pola pikir growth mindset membuat seseorang merasa lebih bebas dalam hidup. Orang tersebut mengetahui bahwa memiliki kendali penuh atas diri sendiri dan hal-hal yang dilakukan.  

Seseorang dengan pola pikir growth mindset akan tercermin dalam perilakunya di dalam pekerjaannya. Misalnya, seorang staf penjualan yang memiliki pola pikir growth mindset akan selalu mencari cara untuk menghadapi tantangan, bukan mencari alasan, seorang manajer yang memiliki pola pikir growth mindset akan selalu berusaha untuk menjadi pemimpin yang lebih baik. 

Sumber: