Belum Dapat Subsidi Gaji, Pemerintah Tambah Kuota BSU Rp1 Juta untuk 1,6 Juta Pekerja

Belum Dapat Subsidi Gaji, Pemerintah Tambah Kuota BSU Rp1 Juta untuk 1,6 Juta Pekerja

Kabar baik bagi anda para pekerja yang sebelumnya tidak masuk dalam daftar penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta dari kemarin. Pemerintah mengumumkan akan menambah kembali alokasi BSU bagi 1,6 juta pekerja dari sebelumnya yang hanya 8,7 juta orang.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, penambahan jumlah penerima BSU tersebut mempertimbangkan kelebihan anggaran. Kriteria penerima nantinya tetap sesuai dengan usulan Kementerian Ketenagakerjaan. Ia menuturkan jika saat ini ada sisa BSU sebesar Rp1,6 triliun

"Bantuan subsidi upah diperluas. Di mana tadinya hanya diberikan untuk mereka yang di level IV dan II targetnya 8.783.350 dengan dipa Rp8,7 triliun," ujar Airlangga di Jakarta, Selasa (26/10).

"Ini diharap bisa dilaksanakan dan tidak ada perubahan kriteria. Akan ada 1,6 juta pekerja dengan anggaran Rp1,6 triliun," sambungnya.

Seperti diketahui jika bantuan subsidi upah diberikan sebagai bantuan pemerintah bagi masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah bagi pekerja/buruh bertujuan untuk melindungi, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja/buruh dalam penanganan dampak Covid-19. (git/zul)

Sumber: