Giliran Sibat Ajari Siswa SD Cara Mencuci Tangan Pakai Sabun

Giliran Sibat Ajari Siswa SD Cara Mencuci Tangan Pakai Sabun

Setelah PMI melakukan sosialisasi ke beberapa pelajar sekolah dasar soal tata cara mencuci tangan pakai sabun, giliran Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Desa Guci Kecamatan Bumijawa, memberikan pelatihan cuci tangan pakai sabun (CTPS) kepada puluhan pelajar SD Negeri Guci, yang berada di lereng Gunung Slamet.

Anggota Sibat Desa Guci Emilia, Jumat (10/9) mengatakan, kegiatan yang dilakukan relawan dari PMI Kabupaten Tegal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan ini merupakan pengaplikasian dari program penguatan respon Covid-19 tingkat masyarakat PMI Kabupaten Tegal. 

"Kegiatan ini juga didukung PMI Pusat dan KOICA (Korea Internasional Cooperation Agency)," katanya.

Dirinya berharap, tambah Emilia, kegiatan ini tidak hanya sekali, tetapi terus berlanjut. Sebab, sosialisasi soal protokol kesehatan (Prokes) harus terus digencarkan kendati Kabupaten Tegal sudah turun menjadi Level 2 PPKM. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada PMI Kabupaten Tegal yang sudah memberikan pelatihan kepada rekan-rekan Sibat sehingga dapat menambah ilmu dan pengalaman baru terkait sosialisasi promosi kesehatan kepada masyarakat," tambahnya.

Adapun Kepala SD Negeri Guci 1 Dulbari mengaku sangat bersyukur, anak didiknya mendapatkan pelatihan tentang Prokes dari Sibat dan PMI. 

Menurutnya, kegiatan ini dapat menunjang perilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan nilai positif kepada anak di lingkungan sekolah maupun keluarga. 

"Semoga tidak hanya soal prokes, tapi juga pelatihan dokter kecil," ujarnya.

Sementara itu, Artan Hartanto, salah satu siswa kelas IVA SD N Guci 1, mengaku senang mendapatkan pengetahuan tentang prokes dari relawan Sibat dan PMI. 

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena bisa tahu tentang bahayanya Covid-19," pungkasnya. (guh/ima)

Sumber: