Bupati Tegal Salurkan Bantuan Logistik dan Uang Tunai untuk Dapur Umum Guci

Bupati Tegal Salurkan Bantuan Logistik dan Uang Tunai untuk Dapur Umum Guci

Bupati Tegal Umi Azizah menyalurkan bantuan logistik pangan dan uang tunai Rp1 juta untuk memenuhi kebutuhan dapur umum di Guci. 

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh bupati berupa 3 kuintal beras, 5 dus mie instan, 3 peti telur, 10 liter minyak goreng dan 5 bungkus kecap.

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, selain memberikan bantuan beras masing-masing sebanyak lima kilogram kepada 900 keluarga terdampak pandemi Covid-19, dirinya juga menyalurkan bantuan logistik pangan dan uang tunai satu juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan operasional dapur umum di Dukuh Pekandangan Desa Rembul yang masuk di kawasan objek wisata Guci, Rabu (04/8) siang. 

"Bantuan beras dan logistik tersebut berasal dari iuran PNS (pegawai negeri sipil) Pemkab Tegal yang dihimpun lewat Korpri dan juga Baznas Kabupaten Tegal," katanya.

Dirinya mengapresiasi inisiatif pemuda setempat dalam bergotong-royong, bahu membahu menggalang sumber daya untuk tugas kemanusiaan. Inilah wujud nyata kekompakan anak-anak muda. Sebuah modal sosial yang kuat dan sangat diperlukan untuk menghadapi situasi krisis seperti sekarang ini. 

"Tidak banyak mengeluh, hanya kerja, kerja, kerja membantu sesama warga yang mengalami kesulitan,” tambahnya.

Dapur umum yang berlokasi di kafe ini, lanjut Umi Azizah, dibuka dan dikelola oleh tenaga relawan setempat untuk membantu mencukupi kebutuhan pangan keluarga terdampak pandemi Covid-19 di kawasan Guci yang selama ini menggantungkan usahanya dari kegiatan pariwisata. 

Mereka terdiri dari relawan pencinta alam seperti Galas, Gupala, Kompak, Karabiner dan relawan sosial seperti taruna siaga bencana (Tagana), Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Guci serta organisasi kemasyarakatan Gerakan Pemuda Ansor Desa Guci. (guh/ima)

Sumber: