Setelah PKL dan Warga Isoman, Pekerja Media Juga Mendapat Bantuan

Setelah PKL dan Warga Isoman, Pekerja Media Juga Mendapat Bantuan

Bantuan beras bagi warga terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bukan saja pedagang kaki lima dan warga yang sedang isolasi mandiri saja. Rencananya, para wartawan dan pekerja media di Kabupaten Tegal juga akan mendapatkan bantuan beras dari Pemkab Tegal. 

Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, penerapan PPKM Darurat di Kabupaten Tegal memang berimbas pada perokonomian masyarakat. Karena itu, Pemkab Tegal telah memberikan bantuan berupa beras kepada masyarakat yang terdampak, di antaranya pedagang kaki lima, pekerja di tempat wisata, dan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah karena terpapar Covid-19. Pemkab Tegal juga berencana memberikan bantuan kepada para pekerja media di Kabupaten Tegal. 

"Untuk pekerja media dan wartawan nanti dikoordinir oleh diskominfo," katanya. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nurhayati mengatakan, bantuan beras yang akan diberikan jenis premium dengan berat  20 kilogram per kantongnya. 

"Tadi bupati sudah setuju para wartawan dan pekerja media juga mendapat bantuan. Karena pasti juga merasakan dampak yang tidak ringan. Dan dinsos akan berkoordinasi dengan diskominfo untuk meminta data-data wartawan," ucapnya. 

Adapun Kepala Bidang Perlindungan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Tegal Nur Ariful Hakim membenarkan akan adanya bantuan untuk pekerja media tersebut. Kepala dinsos akan berkomunikasi dengan dinas kominfo yang memiliki data-data para wartawan dan pekerja media. 

"Mudah-mudahan datanya up to date. Dan Dinsos akan melakukan verifikasi data dari sana berdasarkan BNBA (By Name By Address) dan NIK," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal Dwi Aryadi memberikan apresiasi kepada Pemkab Tegal yang akan mengalokasi bantuan kepada para pekerja media. Wartawan dan pekerja media adalah garda terdepan dalam memberikan informasi dan pemahaman bagi masyarakat terutama di tengah pandemi ini, rentan sekali terpapar Covid-19. 

Apresiasi untuk Pemkab Tegal, mudah-mudahan cepat tersalurkan. Karena beberapa wartawan 
juga ada yang sedang menjalani isoman karena terpapar Covid-19. Bahkan beberapa wartawan 
lainnya juga sebagai penyintas Covid-19. 

Pesan dirinya kepada para wartawan agar bisa menjaga kesehatan dan keselamatan masing-masing. Ini bentuk jihad di tengah pandemi Covid-19. (guh/ima)

Sumber: