Siswa SMP Negeri 2 Kota Tegal Jason Valerian Sugiarto Juara Dunia Olimpiade Matematika

Siswa SMP Negeri 2 Kota Tegal Jason Valerian Sugiarto Juara Dunia Olimpiade Matematika

Siswa SMP Negeri 2 Kota Tegal Jason Valerian Sugiarto berhasil menjadi juara dunia di Lomba Olimpiade Matematika Hongkong International Mathematical Olympiad (HKIMO) yang diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia, termasuk Indonesia pada 2 Mei 2021. 

Hal itu sebuah prestasi yang  sangat membanggakan. Lomba ini dilakukan secara online dan diikuti 25 negara di dunia.

Jason merupakan salah satu anak kembar tiga dari pasangan Irvan Sugiarto dan Flora Kristina, yang bertempat tinggal di Jalan Werkudoro Tegal Timur, Kota Tegal.  

Pada waktu awal pendaftaran lomba tersebut, lewat panitia lomba Matematika Internasional, sempat ada rasa kekhawatiran. Karena keterbatasan waktu yang hampir bersamaan dengan jadwal Ujian Akhir Semester.

Namun dengan semangat yang tinggi dan giat, Jason membagi waktunya dengan sangat baik, supaya tetap bisa berlatih soal-soal matematika untuk menghadapi lomba tersebut.

Berbekal dengan kemampuan dan pengalaman sering mengikuti lomba yang bertaraf nasional maupun internasional terutama bidang matematika, Jason berusaha semaksimal mungkin. 

Dengan tekat dan semangat yang tinggi, Jason masih mampu bersaing dengan teman-teman di seluruh Indonesia dan dunia dengan berhasil memperoleh Bronze Medal dalam Lomba HKIMO 2021.

"Saya bersyukur bisa menjadi juara dunia, tingkat internasional. Sebelum pandemi, olimpiade tersebut dilakukan secara langsung di Hongkong, tetapi karena pandemi dilakukan secara online," kata siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Tegal ini. 

HKIMO merupakan Olimpiade Matematika Internasional Hong Kong yang dikembangkan oleh mantan Ketua Tim Olimpiade Matematika Hong Kong Wong Tin Chun. 

Tujuan pengembangan HKIMO adalah untuk mempromosikan Olimpiade Matematika ke seluruh dunia. Makalah ujian terdiri dari lima topik utama yaitu berpikir logis,  aritmatika atau aljabar, teori bilangan, geometri, kombinatorik yang diikuti lebih dari 25 negara di seluruh dunia.

"Kami mewakili sekolah sangat bersyukur, karena telah memberikan karunia di masa pandemi ini untuk tetap bisa mengikuti olimpiade bertaraf internasional, tidak hanya mengangkat SMP Negeri 2 saja, tetapi Kota Tegal dan Indonesia," ujar Kepala SMP Negeri 2 Tegal Neni Legiyatmi SPd MM.

Prestasi yang sangat luar biasa ini tentunya tidak hanya mengharumkan nama SMP Negeri 2 Kota Tegal saja, bahkan membawa harum nama bangsa Indonesia dan membanggakan untuk Kota Tegal.

Semoga dengan prestasi yang diperoleh ini dapat memberi semangat dan motivasi yang baik bagi teman-teman maupun adik kelas di SMP Negeri 2 Tegal khususnya dan umumnya untuk semua anak tanpa kecuali.

Sumber: