Bupati Berikan Bantuan Sembako ke 1.083 Pegawai Harian Lepas

Bupati Berikan Bantuan Sembako ke 1.083 Pegawai Harian Lepas

Bupati Tegal Umi Azizah memberikan bantuan sembako pada 1.083 Pegawai Harian Lepas (PHL) di lingkungan Pemkab Tegal. 

Bantuan yang disalurkan oleh bupati ini berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tegal. 

Selain PHL, bupati juga menyalurkan bantuan 450 paket sembako untuk panti asuhan dan anak-anak yatim piatu. Dirinya juga membayarkan zakatnya yang selama ini memang rutin disalurkan ke Baznas setiap bulan. 

"Semoga bantuan ini bermanfaat untuk mereka," katanya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Tegal Akhmad Rofiqi membenarkan jika bupati rutin membayar zakat. Diharapkan, apa yang dilakukan oleh bupati bisa diikuti atau diteladani oleh bawahannya mulai kepala dinas dan lain-lain. 

"Jadi untuk zakat sudah ditentukan baik secara syariah ataupun per Baznas yaitu ditentukan 2,5 persen dari gaji yang diterima oleh ASN," ucapnya. 

Namun ini belum optimal, lanjut Akhmad Rofiqi, karena baru dua tahun berdiri, sehingga Unit Pengumpul Zakat (UPZ) belum seluruhnya terbentuk di dinas-dinas. 

Soal target pengumpulan zakat, jika melihat potensi zakat di Kabupaten Tegal maka dalam waktu setahun minimal bisa mengumpulkan Rp15 miliar. Jumlah tersebut hanya dari pegawai ASN. Sedangkan untuk tahun 2021 ini, Baznas tidak muluk-muluk, hanya menargetkan sekitar Rp3,5 miliar.

"Semoga dengan gencar mensosialisasikan tentang zakat, target yang sudah ditentukan tahun ini bisa tercapai," harapnya. (guh/ima)

Sumber: