Tinjau Bangunan Baru 2 Puskesmas, Komisi II Berharap Bisa Menjadi Rumah Sakit Tipe D

Tinjau Bangunan Baru 2 Puskesmas, Komisi II Berharap Bisa Menjadi Rumah Sakit Tipe D

Dua bangunan puskesmas baru saja diresmikan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono beberapa hari lalu. Karenanya, untuk memastikan kondisi, anggota Komisi II DPRD meninjau langsung pada Kamis (7/1) siang. 

Ketua Komisi II DPRD Ansori Fakih saat dikonfirmasi mengatakan, tinjauan dilakukan terkait progres pembangunan Puskesmas Kaligangsa dan Sumurpanggang yang sudah selesai di 2020. Hasilnya, sudah maksimal meski ada beberapa catatan kecil. 

"Kita Komisi II tinjauan lapangan di Puskesmas Sumurpanggang dan Kaligangsa terkait pembangunan 2020. Kami melihat sudah maksimal. Hanya ada catatan kecil," katanya. 

Menurut Anshori, karena masih masa pemeliharaan, maka harapannya catatan kecil itu bisa dimaksimalkan. Kemudian di Kaligangsa sudah ada pelayanan. Sedangkan di Sumurpanggang, Senin (11/1) baru ditata. 

"Karena saat dilakukan pembangunan, sementara mengungsi," ujarnya. 

Ansori menambahkan, pihaknya berharap dengan bangunan baru itu bisa meningkatkan pelayanan. Bahkan, diharapkan bisa meningkat menjadi rumah sakit. 

Anggota Komisi II Moh. Muslim menambahkan, pihaknya berharap agar gedung yang sudah di bangun sangat bagus harus di sertai dengan pelayanan cepat dan tepat. Serta harus di tingkatkan kebersihannya. 

"Sehinga pasien merasa nyaman. Harapannya agar menjadi pukesmas kebangaan bagi masyarakat khususnya di wilayah kecamatan Margadana di bidang kesehatan,"tandasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari menegaskan, pembangunan puskesmas dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan akses dan mutu kesehatan. Kalau dulu fasilitas pelayanan kesehatan primer kumuh, maka sekarang harus bagus. (muj/ima)

Sumber: