Dapat Alokasi 969 Vaksin Covid-19, 13 Faskes di Kota Tegal Disiapkan

Dapat Alokasi 969 Vaksin Covid-19, 13 Faskes di Kota Tegal Disiapkan

Sejumlah daerah di wilayah Jawa Tengah kini tengah mempersiapkan pelaksanaan pemberian vaksin Covid-19. Tidak terkecuali di Kota Tegal. Sejumlah fasilitas kesehatan dipersiapkan untuk menjadi sasaran pelaksanan vaksinasi itu. 

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi saat dihubungi mengatakan, pihaknya telah mengajukan data sebanyak 2.754 tenaga kesehatan yang akan menerima vaksin, dengan kebutuhan 5.508 dosis. Kemudian, berdasarkan surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, alokasi yang diberikan hanya sebanyak 969. 

"Tenaga kesehatan menjadi prioritas utama vaksinasi tahap pertama. Sebab, mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19," katanya. 

Jumadi mengatakan, dirinya juga menyambut baik adanya vaksin Covid-19 yang tidak lama lagi akan didistribusikan ke daerah. Karena vaksin ini untuk menjaga kekebalan tubuh. Harapannya bisa menambah kepercayaan diri tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat. 

"Harapannya bisa secepatnya. Saya siap menjadi orang pertama untuk divaksin Sinovac. Sekaligus untuk membuktikan dan meyakinkan kepada masyarakat keamanan vaksin," pungkasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 13 fasilitas kesehatan (faskes) untuk pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Terdiri dari 3 rumah sakit, 8 puskesmas dan 2 klinik. 

"Saat ini kami masih menunggu kedatangan vaksin dari provinsi. Namun, yang jelas tahap pertama, akan diprioritaskan terhadap tenaga kesehatan," katanya. 

Anggota Komisi II DPRD Kota Tegal Zaenal Nurohman mengatakan, vaksin Covid-19 saat ini masih terbatas kuotanya. Karenanya, dirinya meminta untuk diprioritaskan kepada unsur yang sangat berisiko. 

"Misalkan nakes (tenaga kesehatan) atau masyarakat yang rentan," tandasnya. (muj/ima)

Sumber: