Bebas dan Akan Kembali ke Ngruki Solo, Abu Bakar Baasyir Tetap Diawasi Intelijen Polisi

Bebas dan Akan Kembali ke Ngruki Solo, Abu Bakar Baasyir Tetap Diawasi Intelijen Polisi

Dia juga menyebut, pihaknya akan melakukan pengamanan dan penjagaan saat pembebasan Abu Bakar Baasyir dari Lapas Gunung Sindur. "Tentunya kami diminta atau tidak diminta kami pasti akan mengamankan kegiatan tersebut," ucapnya.

Usai bebas, Abu Bakar Baasyir akan langsung pulang ke kediaman pribadinya di Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. "Iya (pulang ke rumah), di Pesantren Ngruki, di Sukoharjo, kan rumahnya di sana," kata kuasa hukum Baasyir, Acmad Michdan.

Meski demikian, dia meminta kepada para pendukung dan para tokoh agama yang hendak menemui Baasyir untuk bersabar terlebih dulu. "Kalaupun nanti ada, diberi jadwal, tapi enggak menciptakan kerumunan. Kalau mau datang bertamu ada batasan yang diatur," ujarnya.

Michdan juga memastikan tak ada masalah jelang bebas murni Ba'asyir. Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur dan pihak terkait soal pembebasan kliennya.

"Kita pantau terus, kita koordinasi terus dengan pihak Lapas dan institusi terkait," katanya.

Diketahui, Baasyir pada 2011 silam disidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan hukuman 15 penjara. Dia dinyatakan terlibat dalam pendanaan latihan teroris dan mendukung teroris di Indonesia. (gw/zul)

Sumber: