Luncurkan Toko Elektronik, Sharp Optimis Masuki Bisnis Online

Luncurkan Toko Elektronik, Sharp Optimis Masuki Bisnis Online

Saat ini perkembangan bisnis online di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Meningkatnya kelas menengah dan juga tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia menjadi latar belakang percepatan tumbuhnya bisnis online dari tahun ke tahun. 

Berdasarkan informasi yang dilansir situs Hootsuite awal tahun 2020 lalu, di Indonesia terjadi peningkatan pengguna internet sebesar 17 persen atau sekitar 25 juta jiwa dari total populasi saat ini yaitu sebesar 272.1 jiwa. Dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia, setiap orang memiliki keterbatasan beraktivitas di luar ruang dan mengharuskan mereka semua memindahkan kegiatan bekerja dan belajar dari rumah. Secara otomatis semakin meningkatkan pengguna internet dan gawai saat ini. 

Anjuran untuk mengurangi kegiatan berkumpul dan pembatasan aktivitas lainnya berdampak pada penurunan kegiatan jual beli secara konvesional. Hal tersebut memacu para pelaku bisnis untuk berinovasi menciptakan mekanisme jual beli yang sesuai dengan kondisi selama pandemi. 

Pemasaran secara online menjadi salah satu pilihan yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis guna bertahan dan beradaptasi dengan situasi pola hidup kenormalan baru.

PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) yang sudah bersama-sama konsumen Indonesia lebih dari 50 tahun sangat mengerti akan kebutuhan konsumennya dan selalu berusaha untuk berinovasi dalam meningkatkan layanannya yang beorientasi pada kepuasan pelanggan. 

“Mengutip data dari Hootsuite pada bulan Januari 2020 lalu, ada catatan mengenai  peningkatan pengeluaran belanja online untuk kategori elektronik dari tahun 2019 ke 2018 sebesar 48 persen. Ini merupakan peluang bagi kami untuk meningkatkan performa penjualan online. Saat ini kontribusi dari penjualan online masih di bawah 10 persen,” ungkap Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.  

Cepat tanggap terhadap situasi, melatarbelakangi Sharp Indonesia meluncurkan Electronic Store (Sharp E-Store). Toko elektronik ini merupakan upaya Sharp dalam mengembangkan bisnisnya guna mengakomodasi perubahan perilaku konsumen yang sudah mulai nyaman berbelanja produk elektronik secara online dan juga guna menjawab tantangan zaman yang semakin serba digital. 

“Melalui Sharp E-Store, kami memberikan kemudahan bagi konsumen setia kami untuk bisa mendapatkan produk-produk kami dengan mudah tanpa harus melakukan kunjungan ke toko, berbekal perangkat gawai, konsumen dapat melakukan transaksi pembelian dengan ringkas,” tambah Andry. 

Menjadi bagian dari www.id.sharp, Sharp E–Store akan mengklasifikasi kategori produk baru secara ekslusif, seperti sepeda, masker dan produk-produk unik lainnya. 

Untuk mengaksesnya cukup mudah. Konsumen dapat mengunjungi situs Sharp lalu meng-klik ikon E-Store yang terletak di kolom sisi sebelah kanan atas, konsumen bisa langsung menelusuri produk-produk yang ditawarkan. 

Memiliki sekitar 10 ribu toko rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 10 toko online tidak menghentikan Sharp untuk terus melakukan ekspansi bisnisnya. 

“Strategi kami dalam menghadapi tantangan era digital adalah dengan menggabungkan pemasaran offline dan online bersama-sama.  Kami percaya dengan dukungan dan kepercayaan dari semua pihak, baik rekan dealer offline dan online kita semua akan sukses dan maju bersama,” jelas Andry. 

Menargetkan 1 juta pengunjung di bulan pertama peluncurannya, Sharp yakin toko elektronik besutannya akan mampu bersaing dan terus tumbuh. Ke depannya Sharp E-Store juga akan membantu dalam memasarkan dan mempromosikan produk-produk pelaku UMKM binaan Sharp sebagai kontribusi tanggung jawab sosialnya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan performa UMKM di platform digital. 

“Temukan  beragam penawaran menarik untuk setiap pembelian produk di Sharp E-Store selama bulan December 2020,” tutup Andry. (*/ima)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: