Cegah Penularan, Puluhan Penyuluh KB di Pemalang Jalani Rapid Test

Cegah Penularan, Puluhan Penyuluh KB di Pemalang Jalani Rapid Test

Puluhan petugas penyuluh keluarga berencana atau PeKB di Kabupaten Pemalang menjalani tes cepat atau rapid test virus corona. Langkah ini dilakukan untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi sehat dan bebas Covid-19.

Sekretaris Ikatan Penyuluh KB atau IPeKB Kabupaten Pemalang Kukuh Raharso mengatakan, penyuluh KB merupakan petugas lapangan yang juga ujung tombak dalam pengelolaan program KB. Dalam tugasnya, mereka kerap berinteraksi dengan masyarakat. 

"Tugas penyuluh bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberikan berbagai penyuluhan program KB. Aktivitas di lapangan inilah yang memerlukan perhatian khusus, sehingga dalam kondisi pandemi ini para petugas harus tetap sehat dan terhindar dari virus corona," ujarnya, Jumat (27/11).

Rangkaian rapid tes yang difasilitasi BKKBN Perwakilan Jawa Tengah lewat Prodia Laboratorium ini menurutnya dilaksanakan dua kali di Kabupaten Pemalang. Sedangkan rapid test yang digelar kemarin di Dinsos KBPP Pemalang, diikuti 64 petugas penyuluh.

"Harapannya, setelah memastikan semua penyuluh KB dalam keadaan sehat maka akan dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas di lapangan dalam menggerakkan program KB," pungkasnya. (sul/ima)

Sumber: