Tingkatkan Prestasi Atlet di Brebes, Kelas Khusus Olahraga Diluncurkan

Tingkatkan Prestasi Atlet di Brebes, Kelas Khusus Olahraga Diluncurkan

Guna meningkatkan prestasi di bidang olahraga, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) meluncurkan program Kelas Khusus Olahraga (KKO). 

Program tersebut resmi diluncurkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Brebes Narjo di SMP Negeri 2 Brebes, Selasa (24/11). 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemkab Brebes Sutrisno melalui Kabid Pemuda dan Olahraga Fajar Adi Wibowo mengatakan, program KKO sendiri merupakan tindak lanjut seruan Presiden Joko Widodo, terkait pembinaan atlet muda di Indonesia. Di mana, prestasi olahraga di Brebes yang menurun menjadi latar belakang dibentuknya program KKO.

"Karenanya, program inovasi KKO diluncurkan sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Brebes," ujarnya.

Dijelaskannya, KKO juga sinergi dengan program Kemenpora terkait olahraga unggulan daerah. Serta seruan Presiden Jokowi pada Haornas, terkait pembinaan atlet muda harus direview, dan disinergikan dari pendidikan umum ke pendidikan keolahragaan. 

"Dan untuk percontohan, kami menunjuk SMP N 2 Brebes sebagai contoh. Ada satu kelas yang jumlah siswanya mencapai 32 anak. Ke depan, diharapkan setiap kecamatan akan ada KKO ini," ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk seleksi siswa yang akan masuk KKO akan dilaksanakan pada jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Namun, prosesnya akan dipisah dengan siswa biasa. 

Di sisi lain, pihaknya juga telah melakukan pemantauan secara bakat dan seleksi kepada para siswa yang berpotensi masuk KKO. Mereka akan dimasukkan dalam sistem aplikasi yang disiapkan. Sehingga saat PPDB bisa langsung dijaring untuk masuk ke kelas khusus tersebut. 

"Sebelum diluncurkannya KKO ini kita sudah studi banding dalam penerapan program ini. Apalagi, dalam penguatan program ini, kami telah memiliki perda dan perbup menyangkut pembinaan atlet berprestasi ini. Jadi, payung hukumnya juga kami siapkan," terangnya. 

"Jadi, ini langkah awal dalam upaya kami menuju PPLOPD. Diharapkan, melalui program inovasi ini prestasi olahraga di Brebes meningkat," lanjutnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, Pemkab Brebes mengapresiasi atas diluncurkannya KKO itu. Dirinya berharap, atlet di Brebes bisa terus semakin berprestasi.

"Tentunya kami (pemerintah) terus berkomitmen dalam meningkatkan prestasi di bidang olahraga. Karenanya, dengan KKO ini kita harapkan bisa meningkatkan prestasi di bidang olahraga," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: