Sejumlah Pemain Senior Ikuti Kursus Kepelatihan Lisensi C

Sejumlah Pemain Senior Ikuti Kursus Kepelatihan Lisensi C

Sejumlah bintang sepak bola Tanah Air mengikuti kursus kepelatihan lisensi C yang diinisiasi PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Mengutip laman resmi PSSI, Kamis (5/11), kursus tersebut terselenggara di Bali sejak 1 hingga 16 November mendatang dan diikuti 26 peserta. Adapun Yeyen Tumena dan Mundari Karya ditugaskan sebagai instruktur dalam program tersebut.

Beberapa pesepak bola aktif yang mengejar lisensi C ini meliputi Boaz Solossa, Tinus Pae, dan Achmad Jufriyanto. Ada pula pensiunan Shopee Liga 1 yang terlibat dalam kursus ini seperti Syamsul Chaeruddin.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengatakan, kursus tersebut merupakan agenda pengembangan PSSI di bidang kepelatihan. Menurutnya, penambahan pelatih lokal bisa mengangkat kualitas pemain di masa depan.

"Pada kursus ini, PSSI bekerja sama serta mendapat dukungan dari dengan Kemenpora. Dengan semakin banyaknya kursus pelatih tentu menambah jumlah pelatih yang ada di Indonesia," ujar Indra dilansir dari laman PSSI.

"Bila jumlah pelatih di Indonesia semakin banyak dengan kualitas yang baik, PSSI yakin Indonesia akan melahirkan banyak pemain sepak bola yang berkualitas," tambahnya.

Tidak hanya Boaz dan Jupe, nama-nama tenar lainnya juga ikut dalam kursus kepelatihan lisensi C PSSI. Beberapa di antaranya Rizky Pora, Syamsul Chaerudin, hingga pemain Persib Bandung Deden Natsir.

"Alhamdulillah mendapat kesempatan mengikuti kursus pelatih C PSSI ini. Saya ingin terus belajar dan dapat lulus dengan baik di kursus ini. Untuk materi tentu ada sesi teori dan praktek di lapangan," kata Rizky Pora.

Total, kursus kepelatihan lisensi C ini diikuti oleh 26 peserta. Menariknya, ada beberapa pemain di bawah usia 30 tahun yang tertarik mengikuti program ini semodel bek Persik Kediri, Dany Saputra, gelandang PSS Sleman, Jefri Kurniawan, dan gelandang Bandung United, Agung Mulyadi. (der/zul/fin)

Sumber: