Aby Soleh Kembali Terpilih Menjadi Ketua FK Metra

Aby Soleh Kembali Terpilih Menjadi Ketua FK Metra

Dinas Komunikasi dan Informatika melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar Musda FK-Metra Forum Komunikasi Media Tradisional. 

Dalam musda tersebut, Aby Soleh kembali terpilih menjadi ketua masa bakti 2020-2025.

Hadir  dalam kegiatan, pejabat struktural Dinas Kominfo, Kabid Kebudayaan Dra Wuninggar, perwakilan dari Dinas Porapar, Badan Kesbangpol, ketua beserta jajaran pengurus FK-Metra yang lama dan para pelaku seni dan budaya tradisional Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Kominfo Dessy Arifianto melalui 
Kabid IKP Kusnianto, Senin (19/10)  menyampaikan terima kasih kepada para peserta atas perhatian dan kehadirannya dalam acara musda untuk membentuk pengurus FK-Metra yang baru periode 2020-2025 serta membuat program kerja bagi pengurus yang baru.

Dinas Kominfo selaku pembina FK-Metra dalam rangka mendukung program dan kinerja telah berusaha memberikan sarana dan fasilitas di periode yang lama. Namun, karena berbagai keterbatasan belum bisa maksimal. 

Di periode ini, pihaknya berupaya akan meningkatkan dengan sebaik-baiknya. 

FK Metra merupakan wadah organisasi bagi para seniman dan budayawan dan juga bagi pihak yang peduli pada seni tradisional baik itu dalam pelestarian, pengembangan dan pemanfaatannya bagi seniman itu sendiri, pemerintah, juga untuk masyarakat.

"Meski seni dan budaya tradisional sekarang ini sudah jarang dipertontonkan namun keberadaan Forum Komunikasi Media Tradisional dirasakan masih bermanfaat," katanya. 

Terutama, tambah Kusnianto, sebagai sarana untuk membantu pemerintah dalam mendesiminasikan informasi dengan cara tradisional. Ke depan diharapkan menjadi semangat bersama untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional agar dapat menjadi salah satu media diseminasi penyabarluasan informasi. 

"Program dan kebijakan yang menjadi unggulan pemerintah daerah dan pusat kepada masyarakat," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Dessy Arifianto mengatakan, tolok ukur dari bangsa yang maju adalah yang bisa memberikan nilai-nilai budaya dan seni. Agar terus berkembang dan masuk segala bidang dan ikut berperan dalam pembangunan. 

Dirinya mengapresiasi pengurus FK-Metra lama yang telah mengantarkan media tradisonal Kabupaten Tegal ikut mensosialisasikan program pembangunan. Pihaknya juga siap mendukung sarana digitalisasi FK Metra, untuk mengoptimalkan peran FK Metra agar bisa dan mudah diterima semua kalangan masyarakat, terutama kalangan anak muda milenial. (guh/ima)

Sumber: