Kasus Positif Corona Sudah 484 Orang, Bupati Brebes Minta Bantuan Pemuda Tekan Covid

Kasus Positif Corona Sudah 484 Orang, Bupati Brebes Minta Bantuan Pemuda Tekan Covid

Tingginya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Brebes direspons serius Bupati Brebes, Idza Priyanti. Dia mengatakan akan menggandeng pemuda agar berpartisipasi dan berkolaborasi dalam menangani penanggulangan pandemi Covid-19. 

Eksistensi kaum muda, kata Idza, dinilai sangat strategis dan sangat dibutuhkan. Hal itu terungkap saat audiensi dengan Forum Rembug Pemuda Brebes Bersatu, Kamis (1/10) lalu. Bahkan semua perwakilan forum rembug yang merupakan perwakilan organisasi kepemudaan di Kota Bawang. Menyatakan sepakat untuk bahu membahu bersama pemda dalam penanganan Covid-19.

"Gencarkan edukasi masyarakat. Yakni tiga M (Memakai masker), (Mencuci tangan pakai sabun), dan (Menjaga jarak)," ungkapnya di Pendopo Bupati.

Idza menuturkan dalam tujuh bulan terakhir selama masa pandemi. Berbagai upaya sudah dilakukan Pemkab Brebes untuk memutus mata rantai penyebaran.

Termasuk merealisasikan Jaring Pengaman Sosial dan menggelontorkan Bantuan Sosial. Bagi semua masyarakat terdampak Covid-19 hingga tingkat desa dan RT. Targetnya menjaga stabilitas perputaran ekonomi kerakyatan.

"Selain itu juga sudah dilakukan tracing, tracking, dan testing. Terakhir digelarnya uji swab massal bagi ODR. Semua menjadi upaya percepatan penanganan Covid-19," katanya.

Menurut Idza, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan terkait hasil uji swab massal. Tercatat sebanyak 484 orang terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Semuanya tersebar 17 kecamatan namun sudah ditangani tim medis di 38 Puskesmas.

Sehingga dari semula status zona kuning, hijau sampai menjadi merah. Upaya penanganan dan penanggulangan terus dilakukan serta membuahkan hasil.

"Alhamdulilah sampai pekan pertama Oktober ini. Dari total 351 kasus Covid. 223 pasien atau 60 persen lebih dinyatakan sembuh," terangnya.

Idza Priyanti menambahkan, untuk lebih mengoptimalkan penanganan Covid-19. Pemkab Brebes terus bersinergi dengan menggandeng TNI-Polri. Serta seluruh elemen masyarakat khususnya kaum pemuda.

Harapannya dengan komitmen bersama ini menjadi langkah nyata dalam mengatasi Penyebaran Covid-19. Sekaligus mewujudkan pemulihan ekonomi secara bertahap hingga tuntas. (syf/ded/zul)

Sumber: