Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal Targetkan Rp2,14 Miliar, Iuran Diminta per Kartu Keluarga

Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal Targetkan Rp2,14 Miliar, Iuran Diminta per Kartu Keluarga

Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie selaku ketua umum bulan dana dan pelajar memberikan apresiasi pada PMI yang sudah bekerja keras dalam membantu masyarakat. PMI Kabupaten Tegal mempunyai semangat yang luar biasa dalam menjalankan tugasnya. Bahkan bisa dikatakan yang paling tanggap jika terjadi bencana. 

Sabilillah Ardie, Sabtu (15/8) berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi membantu PMI dalam bulan dana tahun ini. 

"Melalui kegiatan PMI juga ikut bersedekah untuk sesama, ini bisa jadi ladang pahala. Bulan dana 2020 ini, tentunya sangat diharapkan bisa memenuhi target, dapat mengumpulkan dana sebesar Rp2,14 miliar," katanya. 

Nantinya uang tersebut, tambah Sabilillah Ardie, akan dimanfaatkan untuk kegiatan kemanusiaan, kegiatan sosial dan lainnya yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Meskipun tidak menutup kemungkinan masyarakat di luar wilayah Kabupaten Tegal juga membutuhkan bantuan.

Sementara itu, Ketua Pengurus PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo dalam paparannya menjelaskan, untuk menyukseskan bulan dana pada tahun 2020 ini, diharapkan semua lintas sektor memiliki peran yang aktif. Dirinya menargetkan, bahwa nantinya iuran akan diminta per Kartu Keluarga melalui instruksi kepala desa. 

"Saya mohon kepada para ketua RT, kepala desa, camat, untuk bisa meluangkan waktu dan pemikirannya dalam menyukseskan bulan dana," ucapnya.

Untuk teknisnya, lanjut Imam Sisworo, setelah RT melapor kepada kepala desa, maka dana tersebut akan dibawa ke kecamatan dan akan dikumpulkan ke panitia bulan dana yang berpusat di kecamatan. Kemudian, akan disetorkan ke rekening PMI yang telah diedarkan. 

Menurutnya, kegiatan bulan dana sampai sekarang ini adalah satu-satunya pembiayaan PMI di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, PMI berencana akan berinvestasi apabila bulan dana tahun ini mendapatkan nilai yang cukup. 

Targetnya tahun 2023 bisa mandiri, meskipun tidak akan menutup kesempatan bagi masyarakat jika ada yang ingin bersedekah dengan membantu sesama. 

"Mari bangun jiwa sosial demi indonesia yang sejahtera," tambahnya.

Ditanya soal kecepatan PMI dalam membantu masyarakat, Iman menjelaskan PMI memiliki personel di setiap wilayah. Ketika pihaknya menerima laporan, PMI akan sesegera mungkin mengecek dan memberi bantuan. (guh/ima)

Sumber: