Man City Tumbang, Liverpool Juara Premierleague

Man City Tumbang, Liverpool Juara Premierleague

Meski kompetisi masih tersisa tujuh pertandingan, Liverpool dipastikan menjadi juara Liga Inggris musim 2019/20. Perolehan poin The Reds sudah tidak mungkin dikejar seteru terdekatnya Manchester City.

Gelar yang menghapus dahaga fans setelah 30 tahun tak pernah merasakan juara Premier League. Ini merupakan gelar ke-19 Liverpool di kompetisi kasta tertinggi Inggris itu.

Lebih istimewa lagi karena tim asuhan Jurgen Klopp memastikan gelar juara pada pekan ke-31. Menurut catatan MasterChips, Liverpool menjadi tim pertama dalam 132 tahun sejarah Liga Inggris yang memastikan gelar saat kompetisi masih tersisa tujuh pekan.

Kepastian gelar juara Liverpool diketahui setelah rival terdekatnya, Man City tumbang 1-2 di kandang Chelsea, Stamford Bridge, Jumat (26/6/2020).

Kekalahan The Citizen itu membuat perolehan poin Liverpool di puncak klasemen (86) tak mungkin lagi terkejar, dengan tujuh pertandingan sisa musim ini. The Reds unggul 23 angka dari City.

Pada pertandingan dini hari tadi, Chelsea unggul lebih dulu pada menit 36 lewat aksi individu memukau Christian Pulisic.

Dari skema serangan balik, Pulisic berlari sendirian melewati beberapa pemain belakang City sebelum gelandang Amerika Serikat itu menaklukkan Ederson.

Man City sempat menyamakan kedudukan pada menit 55 melalui tendangan bebas brilian dari Kevin de Bruyne.

Petaka bagi tim tamu terjadi pada menit 78 ketika Chelsea dihadiahi penalti. Wasit Stuart Attwell menunjuk titik putih setelah Fernandinho melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Pemain asal Brasil itu menggagalkan upaya Tammy Abraham mencetak gol dengan sengaja menghalau bola menggunakan tangannya tepat di garis gawang.

Fernandinho langsung mendapat kartu merah. Sementara Willian yang maju sebagai algojo sukses menaklukkan Ederson. Skor 2-1 untuk The Blues.

Keunggulan Chelsea ini bertahan hingga laga usai, sekaligus membalas kekalahan mereka pada pertemuan pertama November lalu di Etihad dengan skor identik.

Hasil pertandingan pekan ke-31 itu menguntungkan bagi Liverpool. Tim asuhan Jurgen Klopp dipastikan keluar sebagai juara Liga Inggris untuk pertama kali sejak 1990.

Terkhusus bagi Jurgen Klopp, ia menjadi pelatih Jerman pertama yang menjuarai Liga Inggris. (fat/pojoksatu/zul)

Sumber: