Terapkan New Normal, Pemkot Tegal Siapkan Rapid Test Massal di Ruang Publik

Terapkan New Normal, Pemkot Tegal Siapkan Rapid Test Massal di Ruang Publik

Di masa penerapan new normal, Pemkot Tegal melakukan sejumlah langkah yang terangkum dalam program 'Jakwir Pentol'. Dengan itu diharapkan Kota Tegal akan tetap menjadi zona hijau sembari membangkitkan perekonomian masyarakat.

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi mengatakan dalam bahasa Tegalan, jakwir artinya teman yang baik, pertemanan adalah pendekatan sikap dengan keterbukaan (berteman dengan Covid-19). Sedangkan Pentol artinya hebat.

"Teman yang baik selalu menguatkan dan terbuka dengan tatanan kehidupan baru new mormal,’’ papar Jumadi.

Selain itu, kata Jumadi, 'Jakwir Pentol' dapat dijabarkan menjadi Jalankan protokol kesehatan pada semua lini, wira usaha dan ekonomi harus tetap berjalan dan semakin baik, interaksi, koordinasi dan cross notifikasi lintas batas yang kuat. Kemudian penguatan monitoring pada era new normal adalah prioritas.

"Selanjutnya, tolak ukur efektifitas pada anggaran dan sumberdaya dijadikan indikator keberhasilan utama dan lingkungan bersih, aman dan kondusif harus diciptakan dengan semangat kegotongroyongan," katanya.

Jumadi mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bepergiaan di era new normal. Di antaranya, memakai masker dan sarung tangan, pakaian tertutup, lengan panjang, yang nyaman dan praktis.

Kemudian membawa tas berisi tisu kering dan basah, masker cadangan, alat ibadah pribadi, kantong plastik untuk tempat masker habis pakai, botol minum dan alat makan sendiri, semprotan disinfektan, sabun cair, serta pengguna ojek membawa helm sendiri.

"Pemkot Tegal sudah mempersiapkan kebutuahan dalam penerapan new normal. Di antaranya bilik disinfektan di tempat-tempat umum, tempat cuci tangan, dan thermo gun," tandasnya.

Jumadi menambahkan, selain menyediakan perlengkapan, pihaknya juga gencar mensosialisasikan dan menerapkan pemakaian masker dan jaga jarak di tempat-tempat umum. Di pasar tradisional ada jarak lapak, tempat cuci tangan, thermo gun, dan wajib masker, rapid test massal di instansi pemerintah, pasar, mal, bank, dan lainnya. (muj/zul)

Sumber: