Tumbuh Bersama Rumah BUMN BRI Jakarta, UMKM Kuliner Kurma Omsetnya Kini Melejit

Tumbuh Bersama Rumah BUMN BRI Jakarta, UMKM Kuliner Kurma Omsetnya Kini Melejit

Liliana, pemilik usaha yang mendapatkan pendampingan rumah BUMN BRI Jakarta--

JAKARTA, radartegal.com - Setelah melewati proses yang tidak mudah, brand kuliner berbasis kurma Renaco kini mampu meraih omset Rp7-10 juta per bulannya. Itu, tidak lepas dari kegigihan dan kemauan Lilia sebagai owner untuk terus belajar hingga akhirnya sukses membawa usahanya itu lebih maju.

Lilia yang gemar membuat camilan sehat untuk keluarga memulai kisah suksesnya pada 2019. Saat itu dirinua melihat peluang besar dari buah kurma yang sangat populer di bulan Ramadan, tetapi masih jarang ada yang mengolahnya menjadi produk inovatif untuk dikonsumsi sehari-hari. 

Hingga akhirnya, Lilia berhasil membuat produk Renaco seperti kurma cokelat, kue kering isi kurma, hingga minuman sehat berbahan dasar kurma. Awalnya semua produksi dilakukan di dapur rumah dengan bantuan dua pekerja harian dan modal yang terbatas. Namun itu, tidak menjadi penghalang bagi Lilia untuk terus berinovasi. 

Liliana mengatakan dirinya ingin Renaco dikenal sebagai pionir olahan kurma yang bukan hanya enak. Tetapi juga sehat dan halal.

BACA JUGA: Peringati HAN 2025, BRI Dukung Pendidikan Karakter Anak Lewat Agroedukasi

BACA JUGA: Setara 47,93% dari Total Alokasi, BRI Sudah Salurkan KUR Rp83,38 Triliun

Hingga pada 2022 lalu menjadi titik penting bagi perkembangan Renaco. Saat itu, Lilia bergabung sebagai binaan Rumah BUMN Jakarta yang dikelola BRI

Melalui berbagai pelatihan seperti pembukuan, foto produk, dan marketing digital, ia mulai menjalankan usahanya dengan lebih profesional. Pelatihan pembukuan membantu Lilia mengelola keuangan Renaco dengan lebih rapi dan terpisah dari keuangan pribadi. 

Sementara pelatihan foto produk membuat tampilan Renaco di media sosial semakin menarik. Sehingga penjualan meningkat signifikan.

“Dulu saya asal-asalan mencatat pemasukan dan pengeluaran. Setelah ikut pelatihan, saya jadi paham pentingnya pembukuan untuk melihat perkembangan usaha," kata Liliana.

BACA JUGA: Makin Impresif, Pengguna BRImo Tumbuh 21,2% Capai 42,7 Juta User

BACA JUGA: Lewat Pemberdayaan dan Layanan AgenBRILink, BRI Dukung Pengembangan KDMP

Dampaknya, kata Liliana terasa sekali. Dirinya bisa mengukur laba dan mempersiapkan strategi bisnis.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: