radartegal.com - Suzuki Fronx Tipe Terendah (GL) ternyata dibekali mesin yang lebih bertenaga dibandingkan varian GX dan SGX. Hal ini mengejutkan, mengingat biasanya varian entry-level memiliki spesifikasi lebih sederhana.
Alasan di balik keputusan Suzuki memberikan mesin lebih kuat pada Suzuki Fronx Tipe Terendah ternyata berkaitan dengan strategi pasar. Suzuki ingin memberikan pilihan berbeda bagi konsumen yang mengutamakan performa namun tetap ekonomis.
Mesin pada Suzuki Fronx Tipe Terendah (K15B) memang lebih konvensional, tetapi justru menghasilkan tenaga lebih besar. Sementara itu, varian higher-end menggunakan mesin K15C yang lebih modern dengan teknologi hybrid.
Perbedaan ini menunjukkan bahwa Suzuki Fronx Tipe Terendah tidak sekadar menjadi opsi termurah, melainkan juga menawarkan keunggulan performa. Konsumen pun memiliki fleksibilitas memilih sesuai kebutuhan.
BACA JUGA: Gaji UMR Bisa Beli Suzuki Fronx, Ini Simulasi Angsuran dengan Cicilan 2 Jutaan
BACA JUGA: Harganya Kelewat Murah, Ini Review Suzuki Fronx 2024 Bikin Konsumen Ngiler
Perbedaan Mesin K15B dan K15C pada Suzuki Fronx
Suzuki Fronx di Indonesia hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu K15B dan K15C. Keduanya memiliki kapasitas 1.500 cc, tetapi dengan karakteristik yang berbeda.
Meski volume silinder sama, rasio kompresi dan teknologi yang digunakan memengaruhi performa dan efisiensi.
Mesin K15B dipasang pada Suzuki Fronx Tipe Terendah (GL) dan menghasilkan tenaga 104,7 hp dengan torsi 138 Nm.
Sementara itu, K15C yang digunakan varian GX dan SGX menghasilkan 100,6 hp dan 135 Nm. Meski lebih kecil, K15C dilengkapi teknologi mild hybrid untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
BACA JUGA: Mobil Suzuki Fronx 2024, Harga Rp134 Jutaan Saja Bisa Dapat Small SUV Sekece Ini
BACA JUGA: Suzuki Fronx 2024 Terbaru, Small SUV Kompak dengan Sentuhan Modern
Alasan K15B Lebih Kuat Meski Lebih Sederhana
Menurut Donny Saputra dari PT Suzuki Indomobil Sales, perbedaan output tenaga disebabkan oleh tujuan pengembangan yang berbeda.
K15C dirancang untuk keseimbangan antara performa dan efisiensi, sedangkan K15B lebih berfokus pada tenaga maksimal.
K15C menggunakan teknologi canggih seperti DualJet, less-friction, dan rasio kompresi lebih tinggi (12:1).