Hal ini diperlukan untuk mencegah adanya laporan fiktif ataupun informasi yang tidak lengkap yang disampaikan pelapor sehingga menyulitkan tindaklanjutnya.
BACA JUGA: Diundang Komunitas Motor, Pj Bupati Tegal Agustyarsyah Promosi Wisata Tegal
BACA JUGA: Program Pendataan Potensi Desa 2024 Dimulai Hari Ini, Pj Bupati Tegal Minta Data Komprehensif
Untuk laporan bersifat khusus, tentunya harus dukungan data atau informasi yang lengkap.
"Sehingga ini selalu kita mintakan ke pelapor terlebih dahulu sebelum diteruskan ke OPD terkait. Tanpa kelengkapan data ini kita berhak untuk tidak menindaklanjuti laporan tersebut," ujarnya.
Namun, yang sifatnya umum seperti kerusakan jalan, sampah, ataupun lampu penerangan cukup informasi singkat saja disertai foto.
"Dan kalau pakai aplikasi android bisa dilengkapi titik koordinatnya,” jelasnya.
BACA JUGA: Pj Bupati Tegal Ajak ASN Samakan Persepsi
BACA JUGA: Diminta Jangan Hanya Andalkan Gaji, Pj Bupati Tegal Ajak Wartawan Berbisnis saat Bukber
Ditanya soal waktu penyelesaian pengaduan masyarakat, Hari menyampaikan secepatnya.
Artinya, bisa kurang dari tiga jam jika data atau informasi yang dimiliki pihaknya untuk merespon sudah tersedia.
Namun bisa saja lebih dari tiga hari, tergantung kompleksitas permasalahan.
Ditambahkan, pada jenis laporan tertentu yang sifatnya sensitif, pihaknya selalu menjamin kerahasiaan identitas pelapor untuk melindungi privasi dan keamanannya.
“Tidak jarang untuk menindaklanjuti laporan yang sifatnya kompleks kita butuh waktu lebih karena harus mengundang OPD atau pihak-pihak terkait lewat rapat koordinasi agar solusinya efektif dan paripurna,” ujarnya.
BACA JUGA: Buka Bintek Pengelolaan Media Sosial, Ini Kata Pj Bupati Tegal
BACA JUGA: Bantu Tenaga Harian Lepas, Pj Bupati Tegal Salurkan 1000 Paket Bingkisan Ramadhan Bahagia