Mau Utang Pinjol Lunas? Ini Cara Mendapatkan Diskon Bayar Tunggakan dari Penyelenggara Pinjaman

Sabtu 28-09-2024,08:20 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com – Terjebak bunga pinjaman online (pinjol) akan sangat memberatkan finansial Anda. Karena itu,  artikel ini akan membahas cara agar Anda mandapat diskon membayar utang pinjol tersebut.

Tips ini akan sangat berguna, utamanya bagi nasabah gagal bayar (galbay) yang memiliki utang cukup banyak. Lalu bagaimana  cara agar Anda mendapatkan diskon untuk membayar utang-utang pinjol?

Langkah-langkan ini bisa dicoba untuk perusahaan penyelenggara pinjol apapun, asal legal dan terdaftar di OJK.  Cara agar dapat diskon untuk membayar utang pinjol selengkapnya, silakan baca sampai akhir ya.

Cara agar mendapat diskon membayar utang pinjol

BACA JUGA: 8 Cara Atasi Penagihan Hutang Pinjol yang Agresif, Meski Galbay Tidak Perlu Panik Kok

BACA JUGA: Begini Cara Melunasi Hutang Pinjol Galbay yang Perlu Warga Tegal Ketahui, Nomor 1 Paling Penting Dilakukan

Sebagaimana diketahui, setiap penyelenggara pinjol mempunyai kebijakan yang berbeda-beda, berkaitan dengan pembayaran utang yang tertunggak. Beberapa di antaranya ada yang memberikan keringanan atau diskon.

Kebijakan tersebut biasanya berupa diskon, pemotongan suku bunga, perpanjangan tenor, maupun kebijakan lainnya. Untuk mendapatkannya, biasanya nasabah melakukan negosiasi lebih dulu dengan penyedia layanan.

Terkait besarannya, tergantung dari kebijakan mereka. Biasanya saat memberikan keringanan pembayaran utang, penyedia layanan pinjol juga menyertakan syarat-syarat tertentu.

Berikut tahapan-tahapan yang harus dilakukan nasabah untuk mendapatkan keringanan pembayaran utang pinjol.

BACA JUGA:5 Alasan Hutang Pinjol Makin Sulit Dilunasi, Sering Banget Jadi Penyebab Gagal Bayar

BACA JUGA: 6 Metode Pelunasan Hutang Pinjol yang Sering Digunakan Nasabah, Anda Pernah?

1. Hubungi penyelenggara layanan

Pertama, nasabah bisa menghubungi pihak pinjol untuk mengajukan keringanan pembayaran. Beritahu mereka bahwa Anda memang niat untuk melunasi utang, namun coba negosiasikan tentang potongan pembayaran yang sekiranya bisa mereka berikan.

2. Jangan Ditutup-tutupi

Saat melakukan negosiasi, cobalah bersikap jujur apa adanya tentang kondisi keuangan Anda. Anda juga bisa menyertakan bukti bahwa memang saat ini kondisi Anda sedang kesulitan untuk membayar tunggakan pinjol.

Tanyakan dengan sopan tanpa memaksa, apakah mereka bisa memberikan diskon atau keringanan pembayaran hutang pinjol.  Entah itu dengan meringankan suku bunganya, memperpanjang tenor pembayaran, maupun memberikan opsi lain agar bisa membayar utang.

3.  Bantuan pihak ketiga

Jika cara agar dapat diskon untuk bayar hutang pinjol tadi sudah Anda lakukan dan ternyata nihil, Anda bisa pertimbangkan untuk menggunakan bantuan pihak ketiga.

Kategori :