40 Warga Binaan Lapas Slawi Dilatih Literasi Numerasi, Peringati Hari Aksara Internasional

Minggu 22-09-2024,15:57 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.com - Memperingati Hari Aksara Internasional, sebanyak 40 warga binaan Lapas Slawi dilatih literasi numerasi, Sabtu, 21 September 2024. 

Kasubsie Registrasi dan Bimkemas Lapas Slawi Bambang Yulianto mengatakan bahwa pelaksanaan literasi numerasi di Lapas tersebut dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional. 

Menurut Bambang, para warga binaan Lapas Slawi dikenalkan literasi numerasi dengan cara diajak untuk komunikasi dari hati ke hati berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mereka.

"Para warga binaan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Apalagi saat diminta turut serta dalam pembacaan puisi-puisi Kang Maman yang berjudul 'Lelaki' dan 'Ada Dalam Hati yang Tak Dapat Kunikahi'," ujar Bambang. 

BACA JUGA: Jadi Program Unggulan, Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Gelar Bimtek Gasing Numerasi

BACA JUGA: Upaya Peningkatan Literasi Numerasi Melalui Video

Literasi numerasi sendiri merupakan kemampuan untuk memahami, menggunakan, dan menerapkan angka serta konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.

"Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dalam kehidupan modern," kata Pengelola Taman Baca Masyarakat (TBM) Sakila Kerti Dr. Yusqon, M.Pd.

Kegiatan literasi numerasi tersebut sengaja digelar TBM Sakila Kerti Tegal di Lapas Kelas IIB Slawi, Kabupaten Tegal dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional.

Kegiatan ini dihadiri Apas manusia nol, seseorang yang sudah hafal betul tentang karakteristik arti perjuangan. 

BACA JUGA: 231 Narapidana di Lapas Brebes Dapat Remisi HUT RI, Dua Orang Langsung Bebas

BACA JUGA: Sambut HUT Kemerdekaan RI, 149 Penghuni Lapas Tegal Diusulkan Dapat Remisi

Yusqon mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap Sabtu yang diikuti oleh siswa paket A, B dan C.

Menurutnya, literasi numerasi memiliki cakupan yang luas, tidak hanya terbatas pada mata pelajaran matematika. 

Kategori :