Fatayat NU Siap Sinergi Dalam Penurunan Stunting di Brebes

Senin 09-09-2024,20:50 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.com - Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Brebes menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I, kemarin. Sejumlah program sudah disiapkan dalam membantu Pemerintah Kabupaten Brebes dalam meningkatkan pembangunan. Salah satunya pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sekertaris Fatayat NU Cabang Brebes Durotul Ma’munah menyampaikan, sejumlah program sudah dibahas dalam Rakerda I tersebut. salah satunya dalam membantu pemerintah dalam menekan angka stunting di Kabupaten Brebes.

 

"Yang jelas semua program atau gagasan yang sudah ada seperti membantu Pemkab Brebes dalam menekan angka stunting terus kita gencarkan," ungkapnya, Senin 9 September 2024.

 

Dalam membantu penekanan angka stunting di Brebea pihaknya juga telah memiliki Gerakan Sadar Gizi (Gersagi). Gersagi sendiri sejalan dengan program Pemkab Brebes yang tengah berjibaku menurunkan angka stunting.

 

BACA JUGA: Pemprov Jateng Raih Penghargaan Insentif Fiskal Rp6,45 Miliar Karena Berhasil Turunkan Stunting

 

BACA JUGA: Intervensi Menekan Angka Stunting di Tegal, Balita Hingga Calon Pengantin Dapat Pendampingan

 

"Selain itu, pihaknya akan bersinergi dengan Pemkab Brebes dalam meningkatkan pembangunan dari berbagai bidang. Baik itu bidang pendidikan, bidang kesehatan ataupun lainny," ucapnya.

 

Program lainnya dalam program di Fatayat NU, kata dia, yakni mengkampanyekan sadar pendidikan dengan gerakan kembali bersekolah 12 Tahun. Dan bersinergi dengan LP Ma'arif dan pondok pesantren di Brebes untuk menampung anak putus sekolah (ATS).

 

Selain itu, meningkatkan SDM Fatayat dan keluarga Fatayat serta masyarakat Brebes dengan mendirikan Politeknik PC Fatayat NU Brebes( saat ini pembangunan gedungnya telah dimulai).  Kemudian, pelatihan pengkaderan melalui LKD dilaksanakan di tingkat Ranting dan Anak Ranting.

 

Selanjutnya, mengedukasi Daiyah/muballighoh FATAYAT NU dengan Diklat Daiyah agar issue gerakan Fatayat dan syiar AsWaja Annahdliyyah tepat sasaran dengan kurikulum yang jelas.  Mengedukasi masyarakat melalui Jam'iyyah Jam'iyyah Fatayat NU.

 

BACA JUGA: Jadi 16,60 Persen, Prevalensi Stunting Kabupaten Tegal Tahun 2024 Turun 1,7 Persen

 

BACA JUGA: Tanggulangi Stunting di Kota Tegal, Sekda Tugaskan Kepala OPD Jadi Ayah Angkat

 

Memasifkan Progran GERSAGI (gerakan sadar gizi) dalam rangka konsentrasi penurunan angka kematian Ibu hamil dan Bayi. Mewujudkan Bank Sampah Fatayat NU demi kelestarian lingkungan juga penghijauan merespon issue perubahan iklim Global

 

Sementara di Bidang Ekonomi dan koperasi. Membangun kekuatan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan UMKM Fatayat NU. Gerakan penurunan angka kemiskinan kabupaten Brebes dengan mendorong pemerintah melakukan gerakan penurunan kemiskinan secara terstruktur dan terarah melalui validasi data masyarakat miskin yang riil.

 

Melakukan edukasi mental ke masyarakat melalui pendidikan manajemen keuangan keluarga. Bidang Hukum, politik dan Advokasi. Melakukan gerakan kesadaran berkonstitusi dan menjunjung tinggi supremasi hukum dengan membentuk lembaga bantuan hukum Fatayat NU Brebes.

 

Memberdayakan Lembaga Konsultasi pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (LKP3A).  Mengedukasi Perempuan Melek Politik dengan Program SIYASAH perempuan Aswaja.

 

BACA JUGA: Gandeng Semua Komponen, Pemkab Brebes Kebut Penurunan Stunting

 

Bidang Sosial, seni dan Budaya, Melestarikan tradisi -tradisi amaliyah Aswaja Annahdliyyah. Gerakan revolusiental menumbuhkan nasionalisme dan menjunjung tinggi adat ketimuran Indonesia.

 

Memproses hak Cipta Karya Fatayat NU Brebes, sementara di Bidang Media Informasi, penelitian dan Pengembangan. Melakukan digitalisasi data organisasi dan Pelatihan jurnalistik dan cerdas menggunakan media.

 

Sementara itu, saat disingggung mengenai peran anggota Fatayat NU jelang Pilkada Brebes, pihaknya akan memberikan pemahaman ke warga khususnya anggota dalam menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada nanti.  "Selain ke anggota, kami juga akan mengajak warga dalam menggunakan hak pilihnya di Pilkada Brebes nanti," ucapnya.

 

Sementara itu, Mantan Anggota DPRD Brebes yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Jateng Musyaffa mengatakan, pentingnya sosialisasi dalam mensukseskan Pilkada serentak tahun ini. Salah satunya mensukseskan Pilkada Kabupaten Brebes.

 

"Setiap pertemuan kita sosialisasikan kepada masyarakat agar ikut mensukseskan Pilkada Brebes," ujarnya usai menghadiri Rakercab I dan Up Grading Pimpinan Cabang Fatayat NU Brebes.

 

Dirinya juga berharap, Fatayat NU dapat bersinergi lebih baik lagi dengan Pemkab Brebes. "Dari sinergi yang sudah terjalin dengan baik ini, saya harap semuanya bisa ditingkatkan," pungkasnya.

Kategori :