Informasi Hoax Terkait Mpox di Brebes Beredar, Anggota DPRD Minta Warga Jangan Cemas

Minggu 08-09-2024,20:31 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Berapa hari terakhir, informasi hoax atau tidak benar terkait penyebaran penyakit Mpox atau Cacar Minyet di Kabupaten Brebes beredar luas. Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Brebes Nizwar Alfisyarin meminta warga agar tidak cemas.

 

"Kami harap warga agar tidak cemas terkait informasi tidak benar terkait penyebaran Mpox di Brebes," ujarnya, Minggu 8 September 2024.

 

Dia berpesan kepada seluruh masyarakat agar tidak mudah termakan informasi yang kurang benar kebenarannya. Selain itu, dia mengingatkan agar warga bisa menggunakan media sosia dengan bijak.

 

"Saring dulu informasi yang kita terima, kalau mendapatkan sebuah informasi cek kebenarannya jangan langsung dishare ulang. Karena kita harus cerdas dan cermat dalam menggunakan media sosial," pungkasnya. 

 

BACA JUGA: Warga Brebes Mengalami Gejala Klinis Mpox, Ini Kata Kadinkes

 

BACA JUGA: Warga Brebes yang Alami Suspek Mpox Dirawat di RSUD, Begini Kondisinya Sekarang

 

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes memastikn kalau di Kabupaten Brebes Brebes masih zero Mpox atau cacar monyet. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinkes Brebes Ineke Tri Sulistyowati, Sabtu 7 September 2024.

 

Ineke menyebutkan, kalau di Kabupaten Brebes hingga saat ini belum ditemukan kasus cacar monyet. Meski demikian, memang ada salah seorang warga Kabupaten Brebes yang suspek Mpox namun sudah dipastikan bukan Mpox.

 

"Sampai saat ini Brebes masih zero Mpox, walaupun ada warga yang suspek Mpox, namun sudah dinyatakan negatif. Dan yang bersangkutan sudah sehat dan boleh pulang rumah sakit," ungkapnya.

 

Ineke menambahkan, jika ada beberapa pesan di WhatsApp Grup (WAG) yang menyatakan ada warga Brebes yang Mpox itu hoax. Dia memastikan bahwa kabar ada warga yang terkena cacar monyet itu tidak benar atau hoax.

 

BACA JUGA: Hasil Pengecekan Warga Brebes yang Alami Gejala Mpox Terungkap, Kadinkes Pastikan Bukan Cacar Monyet

 

BACA JUGA: Zero Mpox, Dinkes Nyatakan Brebes Masih Bebas Cacar Monyet

 

"Sudah kami pastikan, kabar ada warga Brebes yang terkena Mpox itu hoax atau tidak benar," terangnya.

 

Ineke menyebutkan, untuk gejala cacar monyet sendiri memiliki beberapa gejala. Yang pertama yakni, ruam dengan lepuhan pada wajah, tangan, kaki, mata, mulut dan atau alat kelamin.

 

Selain itu, gejala lainnya yakni demam, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak dan selangkangan). Terua, mengalami sakit kepala, nyeri otot dan lemas. "Jadi jika memiliki gejala itu supanya memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan tersekat untuk mendapatkan penanganan," jelansya.

 

Adapun beberapa langkah mencegahnya waega bisa melakukan beberapa langkah. Seperti, menghindari kontak kulit ke kulit atau berhadapan wajah terlalu dekat termasuk komtak seksual dengam yang memiliki gejala.

 

BACA JUGA: Seperti Covid-19, Tes Mpox Pakai Metode PCR Sensitivitas Tinggi dan Bisa 30 Menit Saja

 

Kemudian, cuci tangan pakai sabun atau gunakan handsanitazer. Bersihkan area benda yang sering disentuh, gunakan masker san terapkam etika batuk. Kemudian, bila anda mengalami gejala Mpox segera mengisolasi diri di rumah.

 

"Serta mencari pertolongan ke fasilitas layanan kesehatan tersekat," dirinya memungkasi.

Kategori :