Bedah Teknologi eSP+ Honda PCX 160, Apa Keunggulannya Dibanding Kompetitor?

Kamis 05-09-2024,12:19 WIB
Reporter : Aditya Saputra
Editor : Khikmah Wati

Dengan ACG Starter, pengendara bisa menikmati start mesin yang lebih halus dan tidak berisik.

Kamu tidak perlu khawatir dengan suara mesin yang kasar saat menyalakan motor di pagi hari.

  • Offset Cylinder

Piston dan silinder sering kali menjadi titik gesekan yang dapat mempengaruhi efisiensi mesin.

Teknologi offset cylinder di eSP+ mengatur ulang posisi silinder dan crankshaft sehingga mengurangi gesekan tersebut.

Hasilnya, mesin bekerja lebih efisien dengan gesekan minimal.

BACA JUGA: Tips Modifikasi Honda PCX 160 untuk Pemula, Ikuti Tren Tapi Tetap Utamakan Keamanan Berkendara

BACA JUGA: Menghitung Biaya Perawatan Honda PCX 160 per Tahun, Ngirit atau Boros?

  • Roller Type Rocker Arm

Teknologi ini menggunakan shell type needle bearing sebagai poros, yang fungsinya adalah mengurangi gesekan dan beban pegas katup.

Komponen ini memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan durabilitas mesin.

  • Spinny Sleeve

Dinding silinder yang dirancang dengan tekstur berduri berfungsi untuk menjaga bentuk silinder tetap optimal dan mengurangi gesekan.

Komponen ini juga berkontribusi dalam menjaga suhu mesin tetap stabil.

4. Sistem Pemasukan Udara yang lebih Efisien

Untuk meningkatkan performa, Honda PCX 160 dilengkapi dengan sistem pemasukan udara yang lebih efisien.

Mesin eSP+ menggunakan model retifire atau penyearah udara, yang membantu mengoptimalkan aliran udara dari lubang masuk menuju ruang pembakaran.

Sistem ini memberikan dua keuntungan utama.

Pertama, motor memiliki performa yang lebih baik saat throttle berada pada bukaan kecil.

Kategori :