6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

6 Mitos Gunung Slamet yang Mengerikan, dari Keberadaan Manusia Kerdil hingga Gerbang Kerajaan Gaib

NGERI - Sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah, Gunung Slamet menyimpan misteri mitos yang mengerikan bagi sebagian warga dan masyarakat di sekitarnya.--ceritaken

radartegal.com - Gunung Slamet mempunyai ketinggian 3.432 meter di atas permukaan laut (mdpl), yang merupakan tertinggi di Jawa Tengah. Selain itu, Gunung Slamet juga dikenal memiliki 6 mitos yang mengerikan.

Setidaknya bagi warga dan masyarakat Kabupaten Tegal, yang memang mempunyai kawasan yang berbatasan dengan atapnya Jawa Tengah itu. Mitos-mitos tersebut, konon juga sering membuat takut warga.

Salah satu mitos yang berkembang, terkait erat dengan permintaan pengorbanan nyawa alias tumbal. Sejak dahulu, Gunung Slamet memang dikenal sebagai kawasan yang terkenal kerap menghadirkan hal-hal mistis.

Selain mitos-mitos tersebut, daerah pendakian di Gunung Slamet juga terkenal mempunyai karakteristik yang spesifik bagi para pendaki. Apalagi area Gunung Slamet merupakan kawasan dengan curah hujan tertinggi di Tanah Air.

BACA JUGA: Akankah Pulau Jawa Benar-benar Terbelah Menjadi Dua? Begini Ramalan Jayabaya soal Mitos Gunung Slamet

BACA JUGA: 7 Cerita Mitos Gunung Slamet, sang Atap Jawa Tengah yang Kerap Bikin Merinding dan Bulu Kuduk Berdiri

6 mitos mengerikan Gunung Slamet yang bikin takut warga

1. Pulau Jawa Akan Terbelah Jika Meletus

Berada di tengah-tengah 5 kabupaten di Jawa Tengah, mitos Gunung Slamet yang dipercayai sebagian warga ini cukup membuat ngeri. Konon, Pulau Jawa disebut akan terbelah menjadi dua jika gunung tersebut meletus.

Apalagi Gunung Slamet letaknya juga persis tengah-tengah antara daerah pantai utara dan pantai selatan. Ramalan Jayabaya yang mengatakan bahwa Pulau Jawa akan terbelah dua suatu saat nanti banyak dipercaya masyarakat.

Bahkan, penduduk Banyumas mempercayai mitos jika Gunung Slamet meletus, akan terbentuk selat penghubung laut utara dan selatan.

BACA JUGA: Mitos Gunung Slamet, Dipercaya Bisa Membelah Pulau Jawa Jika Ini Terjadi

BACA JUGA: Jawa Akan Terbelah? Begini Kebenaran Mitos Gunung Slamet Mengenai Ramalan Jayabaya

2. Gerbang Kerajaan Gaib

Sumber: