Lakukan 4 Tahapan untuk Membersihkan Data Pinjol dengan Benar, Tak Cukup Cuma Uninstall Aplikasinya

Rabu 04-09-2024,09:39 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.com – Ada sejumlah tahapan membersihkan data pinjol yang benar, dan tidak berdampak terhadap penyalahgunaan identitas diri nasabah. Meski begitu prosesnya tidak sesederhana menghapus aplikasi.

Meskipun Anda sudah menghapus aplikasi pinjol dari ponsel, nyatanya data-data pribadinya masih tersimpan rapi pada server pinjol. Itulah sebabnya diperlukan cara efektif untuk  membersihkan data-data tersebut.

Apalagi proses pembersihan identitas diri yang tersimpan di pinjol, tidak bisa hanya sekadar menghapus aplikasinya dari ponsel. Ingat, data-data yang tersimpan di server tersebut, tidak akan serta merta hilang begitu saja.

Paling tidak, Anda harus menghubungi pinjol untuk meminta penghapusan data dari server mereka. Karena itu pahami  4 tahapan membersihkan data pinjol yang benar, kendati dengan tanpa perlu mendatangi kantor penyedia pinjol.

BACA JUGA: Cek Segera, Begini Cara Mengetahui Kebocoran Data Pribadi Supaya Tak Bisa Digunakan Pinjol

BACA JUGA: Hindari Ancaman Penyebaran Data Pribadi Pinjol Ilegal dengan 6 Tindakan Sederhana

Pahami data-data pribadi yang tersimpan

Memang masih banyak orang yang berpikir, bahwa data pinjol akan terhapus bersamaan jika kita menghapus aplikasinya di ponsel. Ternyata hal itu keliru.

Sekalipun Anda sudah melunasi hutang Anda, nyatanya data masih tetap tersimpan pada server penyedia pinjol. Ini menunjukan jika Anda pernah menjadi nasabah mereka.

Padahal data-data pribadi yang tersimpan itu sangat penting. Antara lain riwayat pinjaman, identitas pribadi, dan lain-lainnya. 

Apabila Anda sebagai nasabah ingin menghapusnya permanen, harus menghubungi pihak penyelenggara pinjol. Kemudian pastikan admin menghapusnya, usai Anda meminta penghapusan data secara keseluruhan.

BACA JUGA: Hapus Data Pribadi Pinjol Ilegal Sekarang Juga, Ikuti 6 Cara Gampang Agar Terbebas dari Kebocoran

BACA JUGA: Pinjaman Online Ilegal Kian Meresahkan, Waspadai Jeratan Utang dan Ancaman Penyebaran Data Pribadi

4 tahapan membersihkan data pinjol yang benar

Meski Anda bisa meminta pihak pinjol menghapus data Anda, ini tidak menjamin seratus persen data Anda akan benar-benar bersih dari server mereka.

Kategori :