Cara penagihan utang oleh DC pinjol bisa bikin malu seumur hidup, Begin Trik dan Tips Mengatasinya

Jumat 23-08-2024,10:33 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

Namun, jika tetap tidak ada hasil setelah menghubungi kontak darurat tersebut, DC pinjol akan langsung datang ke rumah nasabah yang bersangkutan.

Tidak sedikit nasabah akan kabur sementara waktu karena tahu akan kedatangan DC pinjol tersebut. Hal inilah yang justru salah dilakukan, sebab DC pinjol pasti akan menanyakan para tetangga yang tinggal di dekat rumah nasabah terkait keberadaannya.

Bahkan, DC pinjol bisa membeberkan bahwa si nasabah terkait memiliki sejumlah hutang yang sudah lama tidak dibayarkan. Hal ini bisa membuat nama nasabah buruk pada orang-orang sekitarnya dan berujung malu.

BACA JUGA: Waspada Penipuan! Trik Ini Bikin DC Pinjol Nakal Tak Berani Menagih Utang Lagi

BACA JUGA: Tak Perlu Takut Lagi, Lakukan Cara Tepat Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah atau Kantor

Tips dan trik mengatasinya

Setelah Anda tahu cara penagihan hutang DC pinjol yang bisa bikin malu tersebut, tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi pada Anda. Namun, di sisi lain Anda masih belum memiliki cukup uang untuk melunasi cicilan.

Tenang, Anda sebenarnya tidak perlu kabur dari kejaran debt collector pinjol tersebut. Saat mereka datang ke rumah, Anda bisa bernegosiasi dengan mereka sebagai cara paling tepat mengatasi DC pinjol yang datang ke rumah.

Lakukan negosiasi untuk keringanan pembayaran kepada pihak pinjol. Anda bisa sampaikan bahwa saat ini kondisi keuangan memang sedang tidak baik.

Namun, jika memang langkah negosiasi ini tidak berhasil, Anda bisa menawarkan opsi pembayaran lain.  Misalnya, Anda bisa menawarkan barang berharga Anda sebagai jaminan atau pembayaran hutang yang memiliki nilai setara dengan jumlah hutang Anda. 

BACA JUGA: 3 Cara Mudah Membedakan DC Pinjol Resmi dan Bodong, yang Galbay Sering Diincar

BACA JUGA: Hina Nasabahnya, Hukuman DC Pinjol Bisa Dipenjara sampai 9 Tahun

Nanti Anda bisa menebusnya jika memang sudah memiliki uang yang sesuai dengan jumlah hutang yang harus dibayar. Cara ini lebih baik ketimbang Anda kabur dan berujung membuat diri sendiri malu.

Kesimpulan

DC pinjol legal OJK memiliki alur penagihan hutang tertentu kepada nasabah galbay. Hal terakhir yang akan dilakukan kepada nasabah galbay, yaitu mendatangi rumahnya secara langsung untuk menagih hutang.

Tidak perlu kabur jika sampai didatangi DC pinjol. Anda bisa melakukan beberapa tips tadi untuk cara mengatasi DC pinjol yang datang ke rumah saat belum memiliki uang untuk membayar hutang.

Kategori :