231 Narapidana di Lapas Brebes Dapat Remisi HUT RI, Dua Orang Langsung Bebas

Sabtu 17-08-2024,19:33 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Teguh Mujiarto

BREBES, radartegal.id - Sebanyak 231 narapidana di Kelas Lapas II B Kabupaten Brebes mendapatkan remisi dalam perayaan HUT RI ke-79, Sabtu 17 Agustus 2024. Dua orang langsung bebas.

Penyerahan remisi umum (RU) bagi narapidana dan pengurangan masa pidana umum bagi anak binaan dilakukan secara simbolis oleh PJ Bupati Iwanuddin Iskandar didampingi Kalapas Brebes Isnawan. Acara ini diselenggarakan di Aula Lapas Brebes dan dihadiri oleh Forkompimda Brebes.

 

Dalam sambutannya, Kalapas Brebes, Isnawa, mengatakan kalau saat ini di Lapas Brebes dihuni 356 orang. Jumlah tersebut melebihi kapasitas yang hanya 161 orang.

 

"Secara kapasitas, Lapas Brebes sudah over 100%. Dari 356 orang, 82 orang diantaranya merupakan tahanan dan 274 lainnya adalah narapidana," terangnya. 

 

BACA JUGA: Sambut HUT Kemerdekaan RI, 149 Penghuni Lapas Tegal Diusulkan Dapat Remisi

 

BACA JUGA: 176 Warga Binaan Lapas Kelas IIB dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, Seorang langsung Bebas

 

Dari jumlah narapidana itu, sebanyak 231 orang menerima remisi umum. Rinciannya adalah 228 orang menerima remisi umum 1 dan 3 orang menerima remisi umum 2. Remisi umum 1 diberikan kepada narapidana yang masih menjalani masa hukuman. 

 

"Sedangkan remisi umum 2 diberikan kepada narapidana yang langsung bebas setelah menerima remisi." tambah Isnawan.

 

Isnawan menyebut, pada HUT RI tahun ini terdapat dua narapidana yang langsung bebas hari ini setelah menerima remisi umum 2. Sementara satu narapidana masih menjalani subsider 6 bulan. 

 

Pada akhir sambutannya, Kalapas Isnawa menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes, khususnya kepada Bapak PJ Brebes, atas dukungan dan perhatiannya terhadap Lapas Brebes.   

 

BACA JUGA: 208 Narapidana di Brebes Terima Remisi, Satu Orang Bebas

 

BACA JUGA: Beri Remisi 12.641 Narapidana Saat Hari Natal, Kemenkumham Hemat Rp6,6 Miliar

 

"Bapak PJ Bupati telah beberapa kali mengunjungi Lapas Brebes, bahkan terkadang datang secara tiba-tiba tanpa protokoler. Kehadiran beliau menjadi bukti nyata kepeduliannya terhadap warga binaan," imbuhnya.

 

PJ Bupati Iwanuddin Iskandar menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Lapas Brebes. Namun, Iwan mengakui bahwa saat ini Lapas Brebes menghadapi permasalahan over kapasitas. 

 

“Ke depan, Pemerintah Daerah juga memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan idealnya suatu lapas,” terantnya

 

“Terkait lahan, saya pastikan bahwa ada permohonan, seperti yang diajukan oleh Pak Kepala Kanwilkumham Jawa Tengah sekitar setengah tahun lalu, kami sudah siapkan lahan seluas 1,3 Hektar. Kami akan mencari solusi terbaik untuk mengalokasikan lahan tersebut,” pungkasnya.

Kategori :