5 Rekomendasi Kuliner Khas Tegal yang Lezat dan Unik Selain Warteg dan Sate Kambing Muda

Minggu 11-08-2024,08:40 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

radartegal.id - Warteg sudah banyak dikenal luas sebagai kuliner khas Tegal, sebagai salah satu sajian yang tak mengenal kasta. Cita rasanya sudah diakui, dan menjadi rekomendasi wisata saat mengunjungi daerah di perbatasan jateng dan jabar ini.

Sama dengan daerah lainnya di Indonesia, Tegal juga mempunyai banyak ragam kuliner khas yang tidak akan bisa ditemukan di lain daerah. Tentunya, cita rasanya mungki sudah terwakili oleh warteg, meskin masih banyak pula kuliner-kuliner lainnya yang bisa dicicipi.

Nah, jika suatu saat Anda berjalan-jalan dan mampir ke Tegal, Anda harus mencoba beberapa menu makanan ini yang tidak ada di warteg.  Melansir dari Youtube Semargondes, ini 5 rekomendasi kuliner khas Tegal, yang wajib dinikmati saat berkunjung ke Tegal.

BACA JUGA: 7 Kuliner Tegal Wajib Dicoba, dari Sate Kambing Muda yang Menggoda hingga Es Lontrong yang Segar

5 rekomendasi kuliner khas Tegal

1. Ponggol Setan Bu Kusniroh

Namanya mungkin agak seram, tetapi makanan satu ini wajib dicoba. Ponggol adalah sebutan tempe orek. Diberi nama ponggol setan karena dicampur sambal sampai kuahnya merah pekat. Jadi, makanan ini cocok untuk lidah pecinta pedas.

Ponggol Setan Bu Kusniro terletak di Jl. Kemuning No.1 Kejambon, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Pembeli bisa request topping ponggol atau mie sesuai selera.

Ponggol Setan Bu Kusniroh buka sejak 2004 hingga kini. Kalau Anda tertarik mampir, warung nasi ponggol ini buka dari jam 08.00 pagi sampai jam 04.00 pagi. Harganya berkisar dari 7000-an sampai 20.000-an.

BACA JUGA: Enak Nemen! Ini Dia 8 Jajanan dan Kuliner Tegal yang Wajib Dicoba Wisatawan

2. Kupat Blengong Mas Nanang

Kuliner wajib di Tegal lainnya ada kupat blengong. Kupat Blengong Mas Nanang berlokasi di Jl. Sawo Barat, Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Blengong adalah hasil kawin silang bebek jantan dan entok betina.

Sate blengong biasanya terdiri dari jeroan, kulit, dan telur puyuh. Kupat blengong menyajikan kupat dengan kuah kental kuning dan sambal, lalu ditambah kerupuk. Selain dengan sate blengong, Kupat Blengong Mas Nanang juga menyediakan sate kikil.

Warung ini buka mulai jam 15.00 sore sampai jam 22.30 malam dengan harga berkisar 25.000 sampai 30.000-an.

BACA JUGA: Ragam Kuliner Tegal Bikin Ngiler, Suguhkan Keanekaragaman Rasa yang Menggoda

Kategori :