Hindari Dipermalukan Pinjol Ilegal, Lakukan 6 Cara Menghapus Data Pribadi Agar Aman dari Teror

Minggu 11-08-2024,07:42 WIB
Reporter : Zuhlifar Arrisandy
Editor : Zuhlifar Arrisandy

5. Hapus Akun Medsos

Selain itu, perlu juga untuk mengganti nomor ponsel, menghapus akun media sosial juga dapat menjadi langkah bijak yang bisa kamu lakukan.  Ini akan membantu untuk mengurangi kemungkinan pinjol ilegal tersebut menemukan atau melacak keberadaan nasabah melalui platform sosial.

BACA JUGA: Cara Hapus Data Pribadi di Pinjol Ilegal 2024, Kenali Risikonya Sebelum Menghilangkannya Permanen

6. Reset Ponsel ke Pengaturan Pabrik

Untuk terkhirnya, Jika semua upaya di atas belum berhasil, reset ponsel ke pengaturan pabrik menjadi salah satu alternatif terakhir yang bisa kamu lakukan.  Namun, perlu kamu ingat bahwa ini akan menghapus semua data dan aplikasi di ponsel, termasuk data pinjol ilegal.

Pencegahan risiko pinjol ilegal

1. Ganti Nomor HP

Pertama perlu untuk mengganti nomor HP secara berkala dapat menjadi salah satu taktik pencegahan. Usahakan dan Pastikan nomor yang digunakan tidak terkait dengan data pribadi kamu.

2. Pindah Rumah

Jika terjadi gangguan serius dari pihak penagih pinjol, pertimbangkan untuk pindah rumah. Hal  Ini mungkin menjadi langkah ekstrem.  

BACA JUGA: Risiko Klik Iklan Pinjol di YouTube yang Jarang Diketahui, Sepele tapi Beresiko Terhadap Data Pribadi

Tetapi hal ini juga sangat efektif serta dapat memberikan perlindungan untuk kamu lebih lanjut terhadap tekanan dari DC pinjol lapangan dari perusahaan pinjol terkait.

3. Meminta Keringanan

Jika kamuu merasa kesulitan saat membayar, coba ajukan permohonan keringanan kepada penyedia pinjol.  Ada Beberapa penyedia mungkin bersedia untuk melakukan restrukturisasi atau memberikan sebuah solusi yang dapat membantu kamu melunasi hutang.

Kesimpulan

Jadi yang perlu kamu ingat, langkah tersebut sebaiknya dilakukan dengan mematuhi hukum dan etika yang berlaku. Jika semua cara gagal, melaporkan layanan pinjaman online ilegal ke pihak berwajib adalah langkah yang tepat.

Kategori :