KPU Segera Buka Pendaftaran Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada 2024

Senin 29-07-2024,19:11 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera melaksanakan tahapan pendaftaran bakal calon (Bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Tegal Pilkada Serentak 2024. Rencananya, proses pendaftaran itu akan dibuka selama 3 hari akhir bulan depan.

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Penyelenggaraan Tekhnis Moh. Mansyur Syarifudin saat menjadi pembicara dalam podcast DPRD mengatakan Tahapan Pilkada serentak sendiri sudah dimulai sejak 27 November 2023. Kemudian jika tidak ada gugatan ke MK, maka akan selesai pada Desember 2024 mendatang.

"Sebenarnya untuk tahapan sudah kita mulai sejak November 2023 lalu. Kemudian akan berakhir dua bulan setelah pemungutan suara, bahkan kalau tidak ada gugatan di MK, maka bisa selesai Desember 2024," katanya Senin, 29 Juli 2024.

Menurut Mansyur, saat ini pihaknya telah merampungkan tahap pencoklitan data pemilih yang dilaksanakan selama satu bulan. Yakni, pada 24 Juni hingga 24 Juli 2024 lalu.

BACA JUGA: Pilkada Serentak 2024 Makin Dekat, DPRD Minta KPU Masifkan Sosialisasi

BACA JUGA: Pilkada Serentak Makin Dekat, 19.154 Pemilih Pemula di Brebes Belum Perekaman E-KTP

"Saat ini kita tengah melakukan pemutakhiran data pemilih. Petugas Pantarlih telah melaksanakan tugas pencoklitan selama sebulan penuh untuk memastikan pemilih masuk dalam DPT," terangnya.

Tahap selanjutnya, ujar Mansyur, adalah Pleno hasil pencoklotan yang akan dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat PPS. Itu, akan dilaksanakan mulai pada 1 Agustus 2024 hingga tingkat Kota Tegal.

"Setelah itu, selesai kemudian akan dilanjutkan dengan pengumuman pendaftaran bacalon. Kemudian dilanjutkan tahapan pendaftaran itu sendiri," terangnya.

Mansyur mengungkapkan untuk pengumuman pendaftaran akan dilaksanakan pada 24-26 Agustus 2024. Sementara pendaftaran, akan dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2024.

BACA JUGA: Jelang Pendaftaran Bacalon, KPU Petakan Isu Strategis Menghadapi Pilkada Serentak 2024 di Tegal

BACA JUGA: Pemkab Brebes Siap Cairkan Dana Tahap II Pilkada Serentak 2024

Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo mengungkapkan pihaknya bersyukur Pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan baik dan lancar. Kemudian untuk pelantikan anggota DPRD akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2024 mendatang.

"Menghadapi Pilkada 2024, kami mengimbau kepada masyarakat untuk menyambut dengan baik. Tentukan pilihan yang terbaik untuk kita semua," jelasnya.

Wasmad menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada parpol yang punya pendukung banyak. Agar bisa turut menjaga kondusifitas wilayah.

Kategori :