Pilkada Serentak 2024 Makin Dekat, DPRD Minta KPU Masifkan Sosialisasi

Senin 29-07-2024,17:56 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat memasifkan Sosialisasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Pasalnya, saat ini makin mendekati hari pencoblosan yakni pada 27 November 2024 mendatang.

Dengan begitu, diharapkan angka partisipasi Pemilih akan mengalami peningkatan dari Pemilu sebelumnya. Itu, disampaikan Wasmad saat menjadi narasumber dalam Podcast yang digelar pada Senin 29 Juli 2024 siang.

Menurut Wasmad, Pemkot Tegal telah menberikan dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada 2024. Dengan rincian Tahap 1 sebesar Rp 7,7 M, tahap 2 sebesar Rp11,6 M, sehingga total yang sudah dicairkan sebanyak Rp19,6 M. 

"Karenanya, kami berharap agar kegiatan sosialisasi bisa dilakukan lebih gencar lagi. Sehingga, banyak masyarakat yang mengetahui tentang pelaksanaannya nanti," katanya.

BACA JUGA: Pj Walikota Berharap Pilkada Serentak 2024 di Tegal Berlangsung Cantik

BACA JUGA: 136 Linmas yang Akan Menjaga TPS Pilkada 2024 di Tegal Diberikan Bekal

Dengan Sosialisasi itu, kata Wasmad, diharapkan akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam perhelatan 5 tahunan itu. Meskipun, tingkat partisipasi dalam Pemilu 2024 kemarin sudah cukup tinggi.

"Dari 4 Dapil yang ada, memang dapil 3 yang angkanya masih perlu digenjot. Sehingga, kami berharap agar KPU terus memasifkan sosialisasi," tandasnya. 

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Moh. Mansyur Syarifudin mengatakan kegiatan Sosialisasi sudah dijadwalkan menyasar 7 segmen. Salah satunya pada pemilih pemula di SMK/SMK dan perguruan tinggi. 

"Bahkan, melalui PPK dan PPS juga sudah kita minta untuk melakukan sosialisasi. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kesbangpol untuk itu," terangnya.

BACA JUGA: Pj Walikota Berharap Angka Partisipasi Pemilih di Tegal dalam Pilkada Serentak 2024 di Atas 80 Persen

BACA JUGA: Pilkada Serentak Makin Dekat, 19.154 Pemilih Pemula di Brebes Belum Perekaman E-KTP

Bahkan, imbuh Mansyur, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar even dalam rangka sosialisasi Pilkada tersebut. Nantinya, even itu akan menyasar pemilih pemula dan masyarakat pada umumnya. 

Kategori :