Shin Tae-young Mendapatkan Golden Visa Langsung dari Presiden Jokowi, Ternyata Ini Benefitnya

Jumat 26-07-2024,15:48 WIB
Reporter : Abdul Fikri Faqih
Editor : Khikmah Wati

Radartegal. id – Presiden Republik Indonesia (RI) ke tujuh kita Joko Widodo telah memberikan hadiah visa emas atau Golden Visa kepada pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong.  Pemberian dilakukan pada Kamis, 25 Juli 2024 di  Ritz Carlton, Sudirman, Jakarta Selatan.

Jokowi memberikan Golden Visa kepada Shin Tae-young setelah fasilitas tersebut dibuka.  Golden Visa ini merupakan fasilitas pertama yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia.

Seperti diketahui, Golden Visa merupakan layanan yang memungkinkan warga negara asing (WNA) diberikan izin tinggal selama 5 hingga 10 tahun. Sebagai prasyarat, Anda perlu berinvestasi dalam jumlah tertentu di Indonesia.

Presiden Jokowi dalam pembacaan pidatonya mengatakan dirinya mengajak seluruh dunia untuk berinvestasi dan bekerja di Indonesia.  Di situ juga Jokowi mengatakan belum banyak negara yang mencapai pertumbuhan ekonomi baik dan menjaga stabilitas politik.

BACA JUGA: Persiapan Timnas Indonesia Vs Tanzania Kian Matang, Malik Rizaldi dari Madura United Siap Bela Timnas

BACA JUGA: Kejutan dari Pelatih Timnas Shin Tae Yong, Coret Yance Sayuri, Perkenalkan Malik Risaldi dan Nadeo Argawinata

Menurutnya, Indonesia yang bisa mencapai hal tersebut harus menjadi negara tujuan investasi yang menjanjikan. Demikian pula, tujuan talenta global adalah bekerja dengan cara yang menciptakan efek pengganda yang signifikan.

Jokowi tidak memberikan alasan yang merinci maksud pemberian Golden Visa kepada Shin Tae-yong. Namun tak menutup kemungkinan inilah yang menjadi alasan Shin Tae-yong membawa kesuksesan bagi sepak bola timnas kita. 

Coach asal Korea Selatan itu sudah berada di Indonesia sejak 2019 untuk berlatih bersama timnas merah putih. Selama ini, Shin Tae-young mampu membanggakan dengan banyak memberikan prestasi gemilang.

Salah satu prestasi terbarunya adalah Timnas Indonesia yang masih bermain di babak ketiga Kualifikasi Regional Asia Piala Dunia 2026.  Oleh karena itu, Indonesia memberikannya layanan Golden Visa.

BACA JUGA: Jay Idzes Tidak Main di Laga Timnas Indonesia vs Irak, Shin Tae Yong Tetap Optimis

BACA JUGA: Pernyataan Terbaru Elkan Baggot Usai Tidak Dipanggil Shin Tae Yong, Masih Berharap Dipanggil

Hal itu sekaligus memperkenalkan visa untuk memfasilitasi orang asing berinvestasi dan bekerja di negara Indonesia.

“Untuk menarik lebih banyak wisatawan berkualitas ke negara bagian, sehingga kita dapat mewujudkan kemakmuran produktif pemerintah federal,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Menurut Jokowi, jika ingin mendapatkan Golden Visa untuk memulai bisnis di Indonesia, WNA tidak harus menghemat $350,000 untuk mendapatkan izin tinggal lima tahun.

Sebaliknya, untuk mendapatkan izin tinggal 10 tahun, WNA dapat menghemat $700,000. Jika pemohon adalah investor perorangan asing yang ingin memulai usaha di Indonesia, maka berlaku jumlah investasi yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Performa Pemain Timnas Indonesia Menurun, Shin Tae-yong Ambil Langkah Jitu

BACA JUGA: Marten Paes Tak Jelas, Shin Tae Yong Bakal Panggil Cyrus Margono ke Timnas Indonesia vs Irak

WNA perlu menginvestasikan $2,5 juta untuk masa tinggal lima tahun dan $5 juta untuk izin 10 tahun.  Sementara itu, investor korporasi yang mendirikan perusahaan di Indonesia diharuskan menanamkan modal sebesar $25 juta untuk mendapatkan Golden Visa lima tahun bagi direktur dan anggota komite.

Investasi sebesar $50 juta akan memberikan 10 tahun masa tinggal. Shin Tae-young yang sudah lama menetap di Korea Selatan sejak pertengahan Juni 2024, akhirnya kembali ke Indonesia.

Shin Tae-young pada saat itu sedang mengalami sakit pleuritis dan harus menjalani operasi radang selaput dada, sempat memutuskan untuk kembali ke Jepang. Pleuritis adalah penyakit peradangan pada selaput dada paru-paru.

Kini, Shin Tae-young kembali bersiap memimpin timnas Indonesia ke babak ketiga Kualifikasi Asia Piala Dunia 2026  yang akan dimulai bulan September mendatang. Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Semoga Coach Shin Tae-young bisa memberikan yang terbaik setelah mendapatkan Golden Visa ini dengan memperkuat timnas Indonesia yang akan menghadapi Arab Saudi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kategori :