702 Rumah di 2 Kecamatan di Brebes Selatan Bakal Dapatkan Layanan Air Bersih

Minggu 21-07-2024,15:32 WIB
Reporter : Dedi Sulastro
Editor : Khikmah Wati

BREBES, radartegal.id     - Dalam waktu dekat, sebanyak 702 rumah di dua kecamatan di Brebes selatan bakal menikmati sambungaan air bersih. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Paguyangan dan Kecamatan Kecamatan Bantarkawung.

 

Hal ini dikarenakan Pemkab Brebes melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan pembuatan instalasi jaringan air bersih di dua desa tersebut. Hal itu tidak lain untuk mempermudah layanan air bersih ke masyarakat.

 

Diketahui, sebanyak tiga proyek pembangunan infrastruktur instalasi jaringan air bersih sudah dimulai. Ketiganya masing-masing di Desa Sindangwangi, Desa Pangerasan dan Desa Pandansari telah on progres.

 

"Dari tiga titik pembangunan instalasi jaringan air bersih itu, rata-rata progres sudah mencapai 30 persen. Sedangkan target selesai bulan September 2024 mendatang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Sutaryono, belum lama ini.

 

BACA JUGA: Warga Desa Pamulihan Brebes Protes Proyek Air Bersih Rp925 Juta, Ternyata Ini Sebabnya

 

BACA JUGA: Terdampak Proyek Drainase di Pantura Pipa PDAM Pecah, Warga di Brebes Kesulitan Air Bersih

 

Dia menerangkan, kalau untuk sumber pembangunan sendiri bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan total anggaran dari tiga titik itu mencapai hampir Rp4 miliar.

 

"Instalasi jaringan air bersih di tiga titik ini nantinya akan memberikan layanan penyediaan air bersih sebanyak 702 Sambungan Rumah (SR) di tiga desa tersebut," jelasnya. 

 

Dia menyebut secara teknis sistem penyediaan air bersih ini akan memanfaatkan sambungan sumber air yang ada di wilayah tersebut. Bahkan, pembangunan ini juga mendapatkan pendampingan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Brebes.

 

Sehingga, hasil dan kualitas diharapkan maksimal dirasakan masyarakat.  Selain itu, lanjut dia, juga diharapkan dari pembangunan instalasi jaringan air bersih ini dapat bermanfaat dan berdayaguna untuk masyarakat. Terutama dalam ikut dalam menekan angka stunting lewat aliran air bersih.

 

 

BACA JUGA: DPU Brebes Bangun 12 Titik Infrastruktur Instalasi Air Bersih, Sumber Dana DAK APBN

 

BACA JUGA: Gesit Muslimat NU Kabupaten Tegal Libatkan Diri dalam Mengelola Air Bersih

 

"Pembangunan instalasi jaringan air bersih ini nanti jika sudah rampung untuk kemudian dihibahkan ke desa di wilayah masing-masing untuk dikelola," tukasnya.

 

Sebelumnya diinformasikan, selain pembangunan instalasi jaringan air bersih, DPU Brebes juga melakukan perbaikan jalan kabupaten yang rusak. Sejumlah titik saat ini pengerjaannya sudah ada yang selesai ataupun tahap finishing.

 

Salah satu perbaikan jalan ada di ruas Tengguli-Luwunggede, Kecamatan Tanjung. Saat ini progres pembangunan sudah selesai. Pembangunan ruas jalan tersebut memang sudah ditunggu oleh masyarakat sekitar. Hal ini karena ruas tersebut merupakan akses utama harga saat beraktivitas.

Kategori :