Embrio Kebun Binatang Mini Hadir di Desa Tembok Lor Kabupaten Tegal, Mulai Dihuni 4 Rusa dan 8 Kambing

Kamis 18-07-2024,17:34 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Khikmah Wati

ADIWERNA, radartegal.id - Setelah merenovasi balai desa dengan anggaran CSR pada akhir tahun 2023 lalu, Pemerintah Desa Tembok Lor, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal kini kembali membangun kebun binatang mini.

Embrio kebun binatang mini ini berada bersebelahan dengan Lapangan Sepak Bola Desa Tembok Lor. Tepatnya di tepi jalur rel Kereta Api Tegal-Purwokerto atau di depan Markas Yonif 407.

"Rencana awal, kami mendirikan kebun kelengkeng, tapi setelah ada bantuan rusa dari Pemkab Tegal, maka ke depan lahan ini akan saya jadikan embrio kebun binatang mini," kata Kades Tembok Lor Aenu Rohman, Kamis, 18 Juli 2024.

Kendati sarana dan prasarananya masih minim, tetapi tanah kas desa seluas sekitar 2.000 meter persegi itu akan dijadikan embrio kebun binatang mini. Menurutnya, setelah dilengkapi dengan binatang rusa, banyak warga yang berkunjung ke tempat tersebut. 

BACA JUGA: Wisata Berkunjung dan Panen Strawberry di Guci Tegal, Sensasi Panen Buah Serasa Kebun Sendiri

BACA JUGA: Jelajahi Pesona Kebun Teh Nglinggo Yogyakarta, Viewnya Indah Banget Bikin Nggak Mau Pulang

Mayoritas ibu-ibu dan anak-anak. Mereka datang ke tempat itu sambil memberikan makan ke rusa dan kambing. 

"Kalau sore pasti ramai. Tempat ini gratis untuk siapa saja. Malah banyak warga dari desa tetangga yang datang ke sini," kata Aenu Rohman.

Dia berharap, ada donatur yang memberikan bantuan hewan ke kebun binatang tersebut. Entah hewan melata atau burung kicau.

"Kepada siapapun yang hendak mendonasikan hewannya, silakan datang ke kebun binatang mini ini," ucapnya.

BACA JUGA: Tak Jauh dari Pusat Kota Slawi, Ini Kebun Buah Melon Asal Thailand di Kabupaten Tegal yang Lagi Viral

BACA JUGA: Berjarak 37 Km dari Pusat Kota Pemalang, Kebun Seruni Cibuyur Bakal Jadi Wisata Edukatif Baru yang Digandrungi

"Memang hewannya belum banyak. Cuma ada 4 ekor rusa, 8 ekor kambing, burung kakak tua dan beberapa burung kicau," kata Aenu Rohman.

Kebun binatang yang masih lugu ini juga ditanami 50 pohon buah kelengkeng. Sebagian pohon sudah berbuah. 

Kategori :