Mencicipi Kupat Glabed Tegal, Kuliner Lezat Khas yang Sama Populernya dengan Sate Kambing

Jumat 19-07-2024,14:38 WIB
Reporter : Abdul Fikri Faqih
Editor : Khikmah Wati

Kupat glabed dapat ditemukan di berbagai wilayah Kota Tegal dan wilayah Pantura lainnya.  Beberapa sumber menyebutkan, selain di Kota Tegal, kupat glabed juga populer di kalangan warga Brebes.

Bedanya, kupat glabed Brebes menggunakan sayuran pepaya dan santan. Namun masakan lezat ini berasal dari Randugunting Kota Tegal. 

BACA JUGA: Akulturasi Budaya dan Agama, Mengenal Tradisi Bada Kupat di Berbagai Daerah Jawa Tengah

BACA JUGA: Sejarah Kupat Bongkok Tegal, Kuliner Lokal yang Melegenda dari Pantura

Salah satu warung kupat glabed yang paling terkenal di Randugunting adalah warung kupat glabed buatan Ibu Wartini yang terletak di Jalan Ayam 1 Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal.

Kupat Glabed Ibu Wartini sudah berdiri sejak tahun 1980. Rina Fatiana saat ini mengelola Warung Kupat Glabed yang didirikan oleh ibunya.

Warung Kupat Glabed dirintis oleh Mbah Rina, kemudian diambil alih oleh ibunya (Wartini), dan dilanjutkan olehnya hingga saat ini. Dan sekarang merupakan generasi ketiga Warung Kupat Glabed Wartini. 

Selain di Bu Wartini terdapat juga penjual kupat glabed tempat lain seperti Kupat Glabed Spesial Khas Ibu Nunung diJalan Merpati No.88A, Randugunting Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. 

BACA JUGA: Sejarah Kupat Bongkok Tegal, Kuliner Lokal yang Melegenda dari Pantura

BACA JUGA: Resep Sayur Kupat Khas Tegal, Cita Rasa Autentik Kota Bahari yang Lezatnya Menggoyang Lidah

Untuk harganya pun terbilang murah, yakni sekitar Rp5 ribu sampai Rp15 ribuan saja per porsinya.  Umumnya kupat ini menjadi santapan makan malam, karena terasa lebih nikmat saat menyantapnya di malam hari.  Penjual kupat ini biasanya membuka daganganya dari sore hingga malam hari yaitu dari pukul 17.00 hingga 23.00 WIB.

Demikianlah informasi mengenai kupat glabed Tegal yang menjadi makanan khas Tegal yang pouler. Selain harganya yang murah, kupat glabed ini memiliki rasa lezat yang wajib untuk dicoba. 

Kategori :