Ikut Intervensi Penurunan Angka Stunting di Tegal, Kejari Lakukan Hal Ini

Kamis 18-07-2024,16:17 WIB
Reporter : Teguh Mujiarto
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Upaya menurunkan angka stunting bukan hanya tanggungjawab pemerintah daerah belaka, melainkan juga perlu melibatkan instansi lainnya. Seperti yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tegal, Kamis 18 Juli 2024 siang.

Guna membantu menekan angka Stunting di Tegal, Kejari memberikan bantuan kepada sejumlah warga yang ada di Kelurahan Cabawan. Bantuan, diberikan kepada anak yang mengalami Stunting dan ibu hamil.

Adapun bantuan yang diberikan untuk anak stunting di antaranya, susu, telur ayam, kacang hijau, beras, minyak dan biskuit. Sedang untuk ibu hamil susu Prenagen, telur ayam, kacang hijau, beras, minyak dan biskuit.

Penyerahan bantuan dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Cabawan Kecamatan Margadana. Turut hadir dalam kegiatan, Camat Margadana Ary Budi Wibowo, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal, dr Rofiqoh MM.

BACA JUGA: Jadi 16,60 Persen, Prevalensi Stunting Kabupaten Tegal Tahun 2024 Turun 1,7 Persen

BACA JUGA: Tanggulangi Stunting di Kota Tegal, Sekda Tugaskan Kepala OPD Jadi Ayah Angkat

Dalam sambutannya, Kajari Tegal Nur Elina Sari mengatakan pihaknya sengaha memberikan bantuan kepada anak stunting dan ibu hamil. Kegiatan ini untuk menindaklanjuti arahan dari ketua umumnya untuk membantu stunting dan ibu hamil. 

Menurut Kajari, bantuan diberikan kepada 9 anak stunting dan 6 ibu hamil. Melalui kegiatan itu, pihaknya berharap dapat membantu upaya mewujudkan zero stunting di Kota Tegal, bukan hanya di Kelurahan Cabawan. 

"Sehingga, harapannya nanti anak-anak ini menjadi anak yang sehat. Menjadi generasi penerus bangsa yang hebat dan kuat," tandasnya.

Camat Margadana Ary Budi Wibowo mengatakan berbagai upaya telah dilakukan pihaknya untuk menekan angka stunting. Seperti dengan Gerakan Serentak Bapak Asuh Anak Stunting (Gertak Basting) di wilayahnya.

BACA JUGA: 1,4 Juta Balita Stunting di Jawa Tengah Sudah Diintervensi, Pj Gubernur Diminta Tancap Gas

BACA JUGA: Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Tegal, Pj Bupati Minta Fokus 2 Hal Ini

"Gerakan ini kita lakukan di 7 kelurahan yang ada. Tentunya dengan pendampingan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal," ujarnya.

Sementara Kepala DPPKBP2PA Kota Tegal, dr Rofiqoh MM, mengatakan pihaknya menyambut baik hadirnya aparat penegak hukum (APH). Utamanya dalam membantu program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Kota Tegal.

"Kami ucapkan terima kasih, di Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 ini, Kejari Tegal hadir. Untuk memberikan bantuan kepada anak stunting dan ibu hamil warga Kelurahan Cabawan, Kecamatan Margadana," ujarnya.

Kategori :