Jarang Ada yang Tahu, Ini Keanekaragaman Artefak Langka di Obyek Wisata Museum Situs Semedo Tegal

Minggu 14-07-2024,17:25 WIB
Reporter : Abdul Fikri Faqih
Editor : Teguh Mujiarto

TEGAL, radartegal.id - Selain pantai, gunung, atau wisata alam lainnya, objek wisata yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Museum Situs Semedo Tegal. Lokasi  wisata edukasi ini cocok dikunjungi oleh semua orang.

Mulai dari masyarakat umum, anak-anak, pelajar, dewasa maupun untuk keperluan penelitian. Sebab, d i dalam museum ini menampilkan beragam koleksi artefak kuno yang menakjubkan.

Artefak dan fosil yang ditemukan di Museum Situs Semedo memberikan gambaran tentang kehidupan masyarakat zaman dahulu. Sebelum adanya manusia modern dan budaya yang dianutnya pada masa lalu.

Sebelum ke sana, ada baiknya melihat dulu situs webya karena harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Itu, untuk menentukan jadwal masuknya agar menjadi panduan bagi Anda yang akan ke sana.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Curug Tegal yang Asri dan Eksotis Banget, Pecinta Alam Wajib Tahu

BACA JUGA: Sejarah Desa Semedo di Tegal, Bukti Peradaban Zaman Purba Ada di Indonesia

 

Museum ini berletak di Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Dengan jam operasional mulai hari selasa hingga minggu dengan dibukanya pada pukul 08.00—15.30 WIB.

Menariknya untuk masuk ke dalam museum ini tidak dikenakan biaya seperpun alias gratis. Hal yang  masih menjadi perhatian adalah akses menuju Museum Situs Semedo yang tergolong kurang memadai.

Karena jalanan di sana banyak yang sudah rusak, sehingga Anda harus selalu berhati-hati saat berkendara. Jika dari pusat kota Tegal untuk menuju ke museum ini akan memakan waktu sekitar 1 jam.

Dengan jarak tempuh kurang lebih 26 km waktu yang lumayan lama. Adapun rute yang bisa anda lewati yakni  berkendara ke arah Jalan Raya Pantura atau Jalan Raya —Pemalang.

 

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Wisata Terkenal di Bumijawa Tegal, Nikmati Udara Dingin dan Keindahan yang Masih Terjaga

BACA JUGA: Terkendala Anggaran, Pengelolaan Museum Purbakala Semedo Tegal Diambil ke Pusat

Kategori :