Mencicipi Glotak Khas Tegal yang Unik dan Lezat, Konon Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Minggu 14-07-2024,14:15 WIB
Reporter : Raihanaisya Jasmine Pangestika
Editor : Khikmah Wati

TEGAL, radartegal.id -  Di antara beragam kuliner khas Indonesia, glotak khas Tegal dengan tulang ayam menjadi salah satu hidangan yang unik dan susah ditemukan di daerah lain. Menu ini menggugah selera dengan cita rasa pedas gurih yang khas.

Makanan ini bukan hanya sekadar sajian sehari-hari. Namun, glotak khas Tegal juga mencerminkan budaya dan tradisi masyarakat Tegal yang kaya akan warisan kuliner.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas sejarah, proses pembuatan, serta keistimewaan rasa dari glotak khas Tegal. Sudah pernah mencicipinya? 

Buat yang penasaran dengan cita rasa glotak khas Tegal, wajib membaca ulasan ini sampai akhir. Jangan lupa juga untuk mencicipinya saat ke Tegal ya.

BACA JUGA: Kenapa Kuliner Khas Tegal Ini Bernama Glotak? Begini Sejarahnya

BACA JUGA: Enak Nemen! Ini Dia 8 Jajanan dan Kuliner Tegal yang Wajib Dicoba Wisatawan

Sejarah glotak khas Tegal

Glotak khas Tegal memiliki sejarah panjang yang berakar dalam kehidupan masyarakat Tegal. Hidangan ini diyakini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Dahulu, tulang ayam yang digunakan dalam glotak khas Tegal merupakan bahan yang dianggap tidak berharga oleh para kolonial. Namun oleh masyarakat lokal, tulang ini diolah menjadi sajian lezat yang penuh gizi.

Glotak khas Tegal awalnya dikenal sebagai makanan rakyat. Karena bahan-bahannya yang murah dan mudah didapatkan.

Proses pembuatan yang sederhana tetapi membutuhkan keahlian khusus ini kemudian diwariskan dari generasi ke generasi. Hingga akhirnya menjadi salah satu ikon kuliner Tegal yang tak terlupakan.

BACA JUGA: Ragam Kuliner Tegal Bikin Ngiler, Suguhkan Keanekaragaman Rasa yang Menggoda

BACA JUGA: 7 Kuliner Tegal Wajib Dicoba, dari Sate Kambing Muda yang Menggoda hingga Es Lontrong yang Segar

Proses pembuatan glotak khas Tegal 

Meskipun terlihat sederhana, pembuatan glotak khas Tegal dengan tulang ayam membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat glotak tulang ayam khas Tegal. 

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

Kategori :