7 Tradisi Tradisional Daerah di Indonesia dengan Mitos Tertentu, Ada yang Berhubungan dengan Roh Leluhur

Selasa 25-06-2024,12:35 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id – Ada beberapa tradisi tradisional daerah di Indonesia yang menyimpan mitos tertentu. Kepercayaan ini sudah dipercaya oleh masyarakat setempat sejak bertahun-tahun lamanya, bahkan sampai saat ini.

Mitos tradisi tradisional daerah di Indonesia ini juga cukup unik. Makna dari tradisinya sendiri sudah cukup unik, ditambah mitos yang berkembang semakin jadi daya tarik tersendiri terutama bagi penduduk luar daerah yang belum begitu tahu.

Salah satu tradisi tradisional daerah di Indonesia dengan mitos unik yaitu Megibung. Tradisi ini dilakukan di beberapa daerah, dengan tujuan mempererat hubungan silahturahmi dengan sesama, dengan cara makan di satu tempat sama dan duduk secara melingkar.

Adapun tradisi tradisional daerah di Indonesia lainnya dengan mitos menarik yang sudah dilakukan penduduknya. Simak pembahasannya sampai akhir.

BACA JUGA: 8 Kepercayaan Tradisional Jawa dengan Mitos Tertentu Sejak Berabad-abad Lamanya, Pasti Sering Dengar

BACA JUGA: 4 Mitos Belalang Masuk Rumah, Benarkah Pertanda Akan Naik Pangkat dan Kaya? Ternyata Begini Menurut Islam

7 Mitos tradisi tradisional daerah di Indonesia

Di Indonesia memiliki beragam mitos unik dan menarik yang sudah penduduknya percaya sejak lama. Berikut diantaranya.

1. Upacara Ngaben di Bali 

Upacara Ngaben ini pasti sudah cukup terkenal dan diketahui oleh penduduk luar Bali sekalipun. Ngaben merupakan upacara kremasi tradisional di Pulau Dewata.

Mitosnya menyebutkan bahwa upacara ini tidak hanya untuk mengantarkan roh yang meninggal ke alam lain. Namun Ngaben juga untuk membersihkan roh dan melanjutkan kehidupan di alam baka.

2. Upacara Kasada di Bromo 

Tradisi lokal dengan mitos unik di Indonesia berikutnya ada upacara Kasada di Bromo, tepatnya ini merupakan ritual adat suku Tengger di Gunung Bromo, Jawa Timur. Mitos soal tradisi ini berkaitan dengan Roro Anteng dan Joko Seger.

BACA JUGA: Hewan dengan Mitos Menyeramkan di Indonesia, Nomor 4 Paling Dicari Saat Ritual

Kategori :