7 Tradisi Tradisional Daerah di Indonesia dengan Mitos Tertentu, Ada yang Berhubungan dengan Roh Leluhur

Selasa 25-06-2024,12:35 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Khikmah Wati

BACA JUGA: Nyaris Punah, Ini Mitos Burung Kepodang Emas dan Tradisinya pada Masyarakat Jawa

Mitosnya menyebutkan bahwa Roro Anteng dan Joko Seger diperintahkan oleh dewa untuk mengorbankan anak mereka sebagai tumbal guna. Tujuannya demi menghentikan erupsi Gunung Bromo. 

3. Tradisi Pasola di Sumba 

Mitos tradisi tradisional daerah di Indonesia berikutnya ini merupakan adu lempar pentol yang dilakukan di Sumba, NTT. Mitosnya mengatakan bahwa pasola merupakan cara untuk mengendalikan kekuatan spiritual dan menjamin kesuburan tanah.

4. Upacara Ma’nene di Toraja 

Mitos tentang tradisi lokal di Indonesia selanjutnya yaitu dari Toraja, Sulawesi Selatan, yang bernama Ma’nene. Upacara ini merupakan penguburan kembali yang mana mitosnya menyebutkan bahwa mengubur kembali leluhur bisa membawa kedamaian bagi roh mereka dan memperbarui ikatan keluarga.

5. Tradisi Karapan Sapi di Madura 

Kepercayaan tradisi daerah di Indonesia berikutnya dari Madura, Jawa Timur, yaitu Karapan Sapi. Tradisi balapan sapi ini memiliki mitos bahwa sapi-sapi yang berlomba dibawa untuk memberikan keberuntungan dan kesuburan bagi pemiliknya.

BACA JUGA: Mitos Menabrak Kucing Sampai Mati, Kerap Dikaitkan dengan Keguguran Bagi Ibu Hamil

BACA JUGA: Mitos Kali kumpe Desa Jejeg Tegal, Pohon Ini Tak Boleh Ditebang Jika Tak Mau Menanggung Akibatnya

6. Tradisi Tari Reog di Ponorogo 

Mitos tradisi tradisional daerah di Indonesia ini juga sudah cukup terkenal. Tradisi tari Reog di Ponorogo, Jawa Timur, memiliki mitos yang mana konon tarian ini memiliki kekuatan mistis dan ritual kepercayaan untuk mendatangkan keberuntungan dan perlindungan.

7. Tradisi Mappacci di Tana Toraja 

Terakhir, ada tradisi Mappacci di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Mitos menyebutkan tradisi ini melibatkan kepercayaan bahwa prosesi pemakaman yang tepat akan memastikan roh meninggal berpindah ke alam baka dengan baik.

Penutup

Kategori :