Indonesia Banget, Ini Menu Rekomendasi Olahan Daging Sapi Spesial Idul Adha

Senin 17-06-2024,19:10 WIB
Reporter : Abillah Fatkhuriski
Editor : Teguh Mujiarto

BACA JUGA: Bosan dengan Sate? 10 Rekomendasi Resep Masakan Daging Ini Bisa Anda Coba Pas Lebaran Idul Adha

3. Sop Buntut Sapi

Ingin hidangan yang menghangatkan tubuh dan kaya nutrisi? Sop buntut sapi adalah jawabannya! Kuah beningnya yang gurih dan menyegarkan berpadu sempurna dengan buntut sapi yang empuk dan kaya kolagen. Ditambah dengan irisan wortel, kentang, dan tomat, sop buntut sapi tak hanya lezat tapi juga menyehatkan.

Bumbu-bumbunya pun cukup sederhana, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan garam. Proses memasaknya pun terbilang mudah, yaitu dengan merebus buntut sapi bersama bumbu dan air hingga empuk. Kemudian, tambahkan wortel, kentang, dan tomat, dan masak hingga matang.

Sop buntut sapi cocok banget dinikmati saat musim hujan atau saat badan sedang kurang fit. Kuah hangatnya akan menghangatkan tubuh dan kandungan kolagen pada buntut sapi akan membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Cocok juga dinikmati bersama keluarga saat momen kumpul bersama di Idul Adha.

4. Rawon

Bagi pecinta kuliner unik, rawon ada olahan daging sapi yang wajib dicoba! Hidangan khas Jawa Timur ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu kluwek, sehingga menghasilkan warna hitam pekat yang khas. Rasanya gurih dan sedikit pahit, dengan aroma khas kluwek yang menggoda.

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Makanan yang Berkaitan dengan Kesehatan, Masih Banyak yang Salah Paham

BACA JUGA: 6 Makanan Khas Kota Tegal, Harga Murce Abis Gak Bikin Kantong Bolong

Bumbu-bumbunya pun cukup kompleks, seperti kluwek, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, ketumbar, jintan, dan santan. Proses memasaknya pun terbilang rumit, yaitu dengan merebus daging sapi bersama bumbu kluwek dan santan hingga empuk.

Biasanya disajikan dengan nasi putih, telur asin, dan sambal terasi. Rawon akan memberikan sensasi kuliner yang berbeda dan tak terlupakan di momen Idul Adha. Perpaduan rasa gurih, sedikit pahit, dan aroma khas kluwek

5. Semur Daging

Buat kamu yang ingin hidangan daging sapi yang mudah dibuat tapi tetap lezat, semur daging adalah pilihan tepat. Daging sapi dimasak dengan bumbu kecap manis, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya hingga empuk dan meresap.

Kategori :