Gegara Memakai Pinjol Akan Susah Cari Kerja, Loh! Ini Penjelasannya

Kamis 13-06-2024,18:45 WIB
Reporter : Abillah Fatkhuriski
Editor : Teguh Mujiarto

Ini menarik banget, karena ada banyak orang yang mencari kerja justru karena mereka ingin membayar utang. Tapi, kalau mereka kesulitan dapat kerja karena punya utang, ini jadi lingkaran setan yang bikin frustasi. Serba salah, ya!

BACA JUGA: Lebih dari 100 DC lapangan dan 900 Pinjol Ilegal Diblokir oleh OJK, Galbay Ga Usah Bayar?

BACA JUGA: Tak Perlu Pinjol! Ini 4 Aplikasi Penghasil Uang yang Bisa Dicoba buat Dapetin Cuan Tambahan

Banyak pelamar yang gagal mendapatkan pekerjaan karena tidak lolos BI Checking. Mereka mungkin punya kemampuan dan kualifikasi yang mumpuni, tapi gara-gara riwayat kredit yang buruk, mereka akhirnya tidak diterima kerja. Padahal, bisa jadi mereka sangat butuh pekerjaan itu untuk memperbaiki kondisi finansial mereka.

Solusi Menghadapi Masalah Ini

Untungnya, tidak semua perusahaan melakukan BI Checking. Tidak ada peraturan atau regulasi resmi yang mengharuskan perusahaan untuk melakukan ini. Jadi, ya, tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba agar tetap punya peluang mendapatkan pekerjaan meski pernah pakai pinjol:

  • Cari informasi perusahaan: Sebelum melamar, cari tahu dulu apakah perusahaan tersebut melakukan BI Checking atau tidak. Kamu bisa tanya ke teman yang pernah melamar di sana atau cek informasi di forum-forum online.
  • Perbaiki kredit skor: Kalau kamu punya riwayat kredit yang kurang bagus, usahakan untuk memperbaikinya. Bayar semua tunggakan, usahakan tidak nambah utang baru, dan jaga agar pembayaran selalu tepat waktu.
  • Jujur di wawancara: Jika memang terpaksa harus jujur soal riwayat pinjaman kamu, pastikan kamu bisa menjelaskan situasinya dengan baik. Tunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab dan sedang berusaha memperbaiki kondisi keuangan kamu.
  • Fokus pada kualifikasi dan pengalaman: Saat melamar, tonjolkan kualifikasi dan pengalaman kerja kamu yang relevan. Buat CV dan surat lamaran yang menarik dan menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang kuat.
  • Jangan putus asa: Meskipun mungkin sulit, jangan menyerah. Tetap berusaha dan cari peluang lain. Kadang-kadang, perusahaan kecil atau startup lebih fleksibel dalam hal ini dan tidak terlalu ketat soal BI Checking.

BACA JUGA: 5 Aturan Terbaru Penagihan DC Pinjol 2024, Nasabah Galbay Wajib Tahu!

BACA JUGA: 5 Tips Pinjol Cepat ACC 2024, Lakukan Hal Ini Maka Dana Akan Langsung Cair

Kesimpulan

Memakai pinjol memang bisa menjadi pedang bermata dua. Di satu sisi, pinjol bisa membantu kamu saat butuh dana mendadak. Tapi di sisi lain, kalau tidak bijak menggunakannya, bisa jadi bumerang yang menghambat kamu dalam mencari pekerjaan.

Yang paling penting adalah selalu bertanggung jawab dalam urusan keuangan. Jaga agar kredit skor kamu tetap baik dan pastikan untuk selalu membayar pinjaman tepat waktu. Dengan begitu, kamu tidak hanya aman secara finansial, tapi juga tidak perlu khawatir saat melamar pekerjaan.

Semoga ulasan tantang benarkah memakai pinjol akan susah cari kerja yang telah dibahas dapat memberi manfaat dan wawasan kita yaa.

 

Kategori :