Mitos Terkait Gunung Wilis, Konon Para Pendaki Kerap Diganggu Makhluk Ini

Kamis 30-05-2024,20:53 WIB
Reporter : Lawrentia Agfa
Editor : Teguh Mujiarto

 

 

3. Menjadi kepercayaan lokal tersendiri

Ketiga,  mitos terkait gunung Wilis berikutnya akan kami informasikan adalah mistis yang menjadi kepercayaan lokal tersendiri.  Tak hanya ada sosok kuntilanak tadi, rupanya digunung ini dikenal akan kekuatan mistis atau roh yang bersemayam di Gunung Wilis.

Banyak orang yang melibatkan ritual di gunung ini, serta ada beberapa pantangan yang harus diikuti oleh mereka yang tinggal di sekitar gunung tersebut ataupun para pendaki. Adanya pantangan tersebut seperti menjaga tutur kata, mejaga kebersihan dan kelestarian gunung maupun daerah sekitarnya, serta tidak melakukan sesuatu hal yang buruk dan berpotensi mendapatkan gangguan misterius.

 

4. Menjadi peran penting dalam budaya lokal

Keempat,  mitos terkait gunung Wilis terakhir adalah kabarnya gunung ini menjadi peran penting dalam budaya lokal.  Beberapa mitosnya yang beredar diketahui membentuk bagian tersendiri dari identitas budaya masyarakat setempat.

BACA JUGA:Misteri dan Mitos Gunung Rinjani, Sosok Hantu Ini Kerap Menarik Kaki para Pendaki

Kesimpulan

Setiap tempat tentunya memiliki mitosnya tersendiri yang dimana boleh dipercayai atau tidak oleh orang-orang yang mengunjunginya. Akan tetapi dimana pun kita berada hendaknya untuk selalu menjaga kebersihan, menjaga tutur kata, serta menjaga perbuatan supaya tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Nah itu dia tadi pembahasan artikel dari radar tegal dengan judul  mitos terkait gunung Wilis, konon ada sosok kuntilanak yang suka mengganggu pendaki pada malam hari. Semoga bermanfaat.

Kategori :