Lagi Viral Karena Film Vina, Ternyata Ini Bahaya Penggunaan Soflens untuk Kesehatan Mata

Rabu 22-05-2024,14:17 WIB
Reporter : Ranti
Editor : Khikmah Wati

Radartegal.id – Bagi beberapa orang, penggunaan soflens dapat menjadi pilihan tepat karena memiliki masalah penglihatan. Berikut ini bahaya penggunaan soflens untuk kesehatan mata.

Soflens sendiri merupakan alat penunjang penglihatan dan penampilan yang tersedia dalam beragam bentuk, warna, dan ukuran. Berikut ini bahaya  penggunaan soflens.

Namun tahukah Anda bahwa penggunaan soflens ini dapat berisiko memicu mata kering, mata merah dan abrasi kornea, lho. Berikut ini bahaya penggunaan soflens.

Bagi beberapa  orang  soflens digunakan untuk alasan estetika dan  menunjang penampilan. Namun, apa  pun alasannya soflens harus digunakan secara hati-hati. Berikut ini  bahaya penggunaan soflens.

BACA JUGA:  8 Tips Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget, Terapkan Rumus 20-20-20

BACA JUGA: Ketahui Beberapa Kesalahan Penggunaan Softlens, Hindari Mulai Sekarang atau Akan Menyesal Nantinya

Bahaya penggunaan soflens

1. Dapat Memicu Mata Merah

Tahukah Anda bahwa mata merah atau konjungtivis ternyata dapat menimbulkan beragam komplikasi tergantung pada   penyebabnya, lho. Misalnya saja infeksi yang dapat dipicu   oleh bakteri  yang masuk ke aliran darah  dan menyerang jaringan tubuh Anda.

Apabila Anda tetap menggunakan lensa kontak padahal sudah mengalami infeksi. maka, dapat menjurus ke telinga bagian tengah. Bahkan menginfeksi lapisan pelindung saraf tulang belakang otak.

Tidak hanya itu, infeksi tersebut pun dapat menjalar pada lapisan pelindung saraf tulang belakang  otak dan memiliki dampak berupa keratitis. Keratitis merupakan sebuah peradangan pada kornea mata, sehingga Anda lebih sensitif terhadap kilatan cahaya.

2. Abrasi Kornea

Abrasi kornea merupakan dampak  penggunaan lensa kontak yang dapat menyebabkan goresan pada mata (abrasi). Untuk gejala  abrasi Kornea ini dapat Anda tandai  dengan rasa tidak nyaman dan sakit parah.

BACA JUGA:  Viral Gegara Film Vina: Sebelum 7 Hari, Ini Hukum Rambut Sambung Dalam Islam

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Merk Eyeliner Terbaik, Maksimalkan Pesona Bentuk Mata Indahmu

Anda harus berhati-hati karena gangguan ini dapat berujung pada penurunan kemampuan penglihatan. Terdapat  sebuah jurnal yang menyebutkan bahwa lensa kontak dapat membahayakan epitel kornea.

Bukan tanpa alasan, karena lensa kontak bertindak sebagai vektor patogen yaitu  tempat   yang memfasilitasi  perkembangan keratitis bakteri. Nah, dampak dari   penumpukan bateri   tersebut dapat berisiko abrasi kornea.

3. Mata Kekurangan Oksigen

Tahukah Anda bahwa oksigen pada mata penting seperti halnya jantung, paru-paru, dan otak, lho. Namun, kandungan pada mata dapat menurun akibat kebersihan lensa kontak yang  tidak terjaga dengan baik.

4. Soflens Dapat Memicu Mata Kering

Bahaya penggunaan soflens selanjutnya yakni  dapat menyebabkan mata kering  apabila Anda gunakan dalam  waktu   yang lama. Gangguan yang satu ini berisiko menimbulkan rasa terbakar, sakit, atau sensasi berpasir  seperti ada yang mengganjal.

BACA JUGA:  Behel di Film Vina: Sebelum 7 Hari Ramai Dibahas, Ini Hukum Pasang Behel Dalam Islam

BACA JUGA: 5 Tips Jitu Mengatasi Layar Hp Menguning Padahal Tidak Sedang dalam Mode Kenyamanan Mata

5. Penurunan Refleks Kornea

Refleks kornea adalah gerakan alami yang terjadi ketika ada sebuah bahaya. Reflek   ini berfungsi untuk melumasi mata  dan  mencegah benda asing masuk ke dalamnya.

Terdapat sebuah penilitian The effect of contact lens wear on corneal sensation menjelaskan bahwa penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan penurunan sensitivitas kornea.

6. Sensasi Terbakar pada Mata

Sensasi terbakar pada saat   menggunakan soflens dapat Anda tandai dengan gejala berupa iritasi  mata, belekan berlebih, hingga dapat menimbulkan kerak, merah, gatal, dan bengkak pada kelopak mata. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi, reaksi alergi, dan iritasi.

Selain mengetahui bagaimana  bahaya penggunaan soflens untuk mata, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah bahaya soflens sebagai berikut.

    Jaga kebesihan soflens
  • Ikuti instruksi pada kemasan
  • Rutin membersihkan tempat penyimpanan soflens
  • Hindari penggunaan soflens pada saat tidur.
BACA JUGA:  Hati-hati, Ini 5 Tips Kecantikan yang Ternyata Malah Berbahaya untuk Kulit Wajah

BACA JUGA: Rahasia Wajah Glowing dan Awet Muda dengan Daun Sirih, Khasiat Olahannya Tak Kalah dengan Skincare Mahal

Demikian ulasan mengenai bahaya penggunaan soflens. Semoga bermanfaat.

Kategori :