Sepele tapi Penting, 3 Cara Memanaskan Mesin Mobil agar Tetap Awet, Pemilik Mobil Wajib Paham

Minggu 07-04-2024,13:20 WIB
Reporter : Dayu Mila
Editor : Teguh Mujiarto

RADAR TEGAL – Artikel ini membahas 3 cara memanaskan mesin mobil agar tetap awet. Cara-caranya sangat sepele namun bisa berdampak baik untuk mesin mobil dalam jangka panjang.

Apalagi para pemula yang baru memiliki kendaraan roda empat, mesti tahu cara memanaskan mesin mobil agar tetap awet. Sebab, jika mesinnya bermasalah tentu kendaraan akan mengalami sejumlah masalah.

Cara memanaskan mesin mobil agar tetap awet bukan sekedar rutinitas setiap hari. Namun juga jadi langkah kecil agar kendaraan bisa bekerja secara optimal sebagaimana mestinya.

Berikut 3 cara memanaskan mesin mobil agar tetap awet. Selain itu, ketahui juga apa saja yang bisa membuat mesin mobil cepat rusak.

Sejumlah penyebab yang bisa membuat mesin mobil rusak

Selain jarang memanaskan mesin, ada beberapa kebiasaan yang seringkali jadi pemicu mesin mobil cepat rusak. Berikut diantaranya.

BACA JUGA : Liburan Sudah dekat, Ini 6 Mobil Road Trip Paling Banyak Dicari Berkat Kenyamanan dan Ketangguhannya

1. Tidak rutin servis mobil

Tidak melakukan perawatan mobil bisa jadi penyebab paling sering yang membuat mesin mobil rusak. Lakukanlah perawatan rutin seperti ganti oli dan tune up mobil.

2. Tidak peduli tanda peringatan

Ada beberapa tanda peringatan seperti suara, getaran, maupun lampu peringatan yang tidak biasa jadi tanda peringatan akan adanya masalah pada mobil. Jika ini sudah terjadi terlalu sering dan dibiarkan, tentu akan makin parah di kemudian hari.

3. Mengemudi terlalu agresif

Mengemudikan kendaraan terlalu agresif bisa jadi penyebab mesin mobil bermasalah. Entah itu karena terlalu ngebut, rem mendadak, dan lainnya yang memberikan tekanan berlebih pada komponen vital mobil.

4. Sering menahan kopling

Sebaiknya menginjak kopling ketika memang benar-benar perlu mengubah gigi maupun berhenti sepenuhnya. Jika ada di kondisi jalan macet, lebih baik gunakan rem dibanding kopling sehingga bisa mengurangi tekanan berlebih pada kopling dan transmisi.

Kategori :